PALEMBANG,HS – Gubernur  Provinsi Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengajukan empat nama pejabat yang  akan menjadi Plt kepala daerah disumsel ke Mendagri, Empat nama pejabat tersebut kini sudah berada di Kementerian Dalam Negeri dan tinggal menunggu surat turun, Untuk kemudian dilakukan pelantikan.

Keempat Daerah yang akan diisi oleh plt ialah Kota Palembang, Prabumulih, Lubuklinggau dan Pagaralam yang akan diisi oleh pejabat esolan ll Pemprov Sumsel.

Menurut informasi yang dihimpum HaluanSumatera.com empat nama tersebut Akhmad Najib (Asisten l Bidang Pemerintah dan Kesra) akan menjabat Plt Walikota Palembang, Richard Cahyadi (kepala Badan Kesbangpol) menjabat Plt Walikota Prabumulih, Amsin (Karo Otonomi Daerah Dan Pemerintahan) menjabat Walikota Lubuklinggau dan Riki Junaidi (Kepala Satuan Polisi Pamong Praja) menjabat Plt Walikota Pagaralam.

Saat dikonfirmasi nama-nama tersebut tidak mau menjawab dan memili bungkam dan tidak mau berkomentar.
“Maaf dek belum bisa jawab karna lum pegang SK, takut salah,” ujar Richard saat dikonfirmasi melalui whatsapp
Ia juga ditanyai terkait dirinya menjadi Plt Walikota Prabumulih, menurutnya belum tahu banyak yang pantas dan lebih senior dari ia.
“kito tunggu bae beberapa hari kedepan yo dek,” ucap Richard
Terpisah Karo Otonomi Daerah dan Pemerintahan, Amsin yang juga memilih bungkam.

“Belum-belum, kage bae,” jelas Amsin
Amsin mengatakan, saat ini nama tersebut sudah diajukan gubernur ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan tinggal menunggu surat nya turun.
“Tidak ada batas waktu kapan surat itu harus turun tapi diharapkan secepatnya, Tapi kemungkinan tanggal 14 Februari,” pungkasnya

Ia mengaku, belum ada perkembangan terbaru terkait nama yang bakal menjadi Plt kepala daerah. Begitupun dengan nama-nama pejabatnya.

“Belum ada, kalau ada pasti disampaikan,” ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, sudah ada sedikitnya 12 nama pejabat senior Pemprov Sumsel yang telah diajukan kepada Kemendagri untuk nantinya menjadi Plt kepala daerah. Munculnya 12 nama tersebut mengingat pengajuan untuk satu daerah terdiri dari tiga nama kandidat. Nantinya, Kemendagri akan memilih satu nama.

“Ya, jadi kan ada empat kota yang akan diisi Plt kepala daerahnya, jadi kandidatnya ada 12 orang,” kata Alex.

Ia juga menyampaikan, persetujuan (SK) Kemendagri akan turun Febuari ini atau sebelum penetapan pasangan dari KPU pada 18 Februari.
Ketika di tanya mengenai nama-nama calon Plt, Alex enggan menyebutkan nama-nama calon yang dipersiapkan menjadi pelaksana tugas kepala daerah tersebut, namun, ia menyebutkan kriterianya harus lah seorang pejabat senior, mulai dari tingkat eselon jabatan hingga golongan kepangkatan. Hal itu ditujukan agar pelaksana tugas kepala daerah tersebut mampu menjaga iklim kondusifitas selama penyelenggaraan Pilkada berlangsung.

“Apalagi tahun ini Sumsel juga menjadi tuan rumah penyelenggaran Asian Games,” tegasnya