PALEMBANG,HS – Ketua Perbakin Sumsel yang juga gubernur Sumsel Herman Deru, sudah memiliki nama calon ketua KONI Sumsel.
Walaupun Engan menyebutkan nama calon ketua koni, tapi HD sudah mengantongi nama tersebut karna mempunyai visi misi yang bagus untuk memajukan olahraga di provinsi Sumsel.
Menurutnya, ia memiliki hak dalam memilih kandidat ketua untuk mengisi jabatan Ketua Koni periode 2019-2024. Disinggung mengenai orang terdekatnya yang akan menjadi ketua Koni, deru enggan berbagi nama tersebut dirinya hanya tertawa ketika nama salah satu tokoh disebutkan.
“Adalah rahasia, cluenya dia harus muda, siapa itu, yang muda itu kalian sudah tahu,” kata Herman Deru, Rabu (31/7/2019).
Ia juga mengatakan, sebagai Gubernur Sumsel, dirinya ingin menyelaraskan kerja Pemprov dengan Koni agar selaras dalam membangun olahraga di Sumatera Selatan. Tidak hanya sukses soal penyelenggaraan olahraga, Sumsel harus sukses membangun prestasi dalam olahraga.
“Kalau sebagai gubernur aku menginginkan tokoh yang dipilih nanti tokoh yang memang paham tentang olahraga secara umum. Juga yang memahami tentang atlet jangan ada pengurus cabang dan pengurus daerah tetapi tidak ada kegiatannya tidak ada yang dihasilkan,” ujarnya
Ia menambahkan, soal kepemimpinan Koni yang akan datang dirinya melihat siapa pun yang terpilih harus mengerti bagaimana organisasi Koni bergerak sehingga selaras antara prestasi dan dana yang dikeluarkan.
“Koni ini dibiayayi oleh uang masyarakat, tentu masyarakat ingin melihat prestasi. Berikut saran saya mereka yang jadi ketua harus mengerti tatanan organisasi. Aku ingin olahraga di Sumsel berkembang. Apa lagi pada PON 2016 lalu kita miris peringkat Sumsel menempati peringkat 21, sungguh jauh,” jelasnya
Untuk posisi ketua Koni Deru memiliki penilaian sendiri. Selain bisa memegang atlet seorang calon ketua Koni harus bisa memaparkan visi misinya dengan baik.
“Secara pribadi saya dukung semua kalau yang terlihat serius dan bisa memaparke visi misinya dengan baik bukan hanya meyakinkan. Baik saya sebagai gubernur dan Ketua Cabor akan saya dukung,” pungkasnya
Dirinya berharap tidak ada penggunaan money politic dalam pemilihan Koni. Dirinya berharap yang terpilih memang orang yang ingin mengabdi membawa olahraga Sumsel lehih baik.
“Yang punya hak pilih jangan ada pengaruh-pengaruh money politic dalam bentuk apapun untuk memilih seseorang,” tutupnya