Trofi Liga Champions.

Trofi Liga Champions.

PALEMBANG, HS – Setelah 5 pertandingan di Liga Champions digelar, dari 32 klub yang bertanding di fase grup,  sejumlah tim telah memastikan diri lolos ke fase knock-out atau babak 16 besar, sebagian lagi sudah pasti tersisih.

Sementara, sebagian lainnya harus berjuang di pertandingan terakhir fase grup yang akan digelar pada 7 dan 8 Desember 2016 guna memastikan diri maju ke babak berikutnya.

Di grup A, Paris Saint Germain dan Arsenal yang sama-sama mengumpulkan 11 poin tak mungkin dikejar oleh dua klub peringkat 3 dan 4 yakni PFC Ludogorets Razgard dan FC Basel 1893 yang baru mengoleksi 2 poin.

Di pertandingan terakhir, PSG yang berhadapan dengan Ludogorets dan Arsenal yang bertanding melawan FC Basel 1893 akan sama-sama berjuang meraih hasil positif untuk memperebutkan posisi puncak.

Di grup B, wakil Portugal, SL Benfica dan wakil Italia SSC Napoli yang meraih 8 poin dan wakil Turki, Besiktas JK yang meraih 7 poin akan bersaing ketat untuk meraih dua tiket ke babak selanjutnya. Pada laga ke 6, Benfica akan berhadapan dengan Napoli, sementara Besiktas akan meladeni FC Dinamo Kyiv yang sudah pasti tersingkir karena baru mengumpulkan 2 poin.

Besiktas yang bermain di kandang berpeluang besar meraih kemenangan dan memperoleh tambahan 3 poin. Jika menang, Besiktas pasti lolos ke babak 16 besar apapun hasil pertandingan antara Benfica melawan Napoli.

Jika imbang melawan Dinamo Kyiv, sementara salah satu tim, baik itu Benfica atau Napoli yang kalah, Besiktas masih bisa lolos dengan melihat selisih gol.

Apapun hasil pertandingan Benfica berhadapan dengan Napoli, Besiktas tak akan lolos jika kalah dari Dinamo Kyiv. Jika itu terjadi, tiket ke 16 besar menjadi milik Benfica dan Napoli.

Di grup C, Barcelona telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan 12 poin. Sementara, di posisi kedua ada Manchester City yang telah meraih 8 poin dan di peringkat 3 ada Vfl Borussia Moenchengladbach dengan 5 poin, serta di posisi ke 4 FC Celtic dengan 2 poin.

Manchester City kemungkinan besar akan menemani Barcelona karena di pertandingan terakhir hanya akan menghadapi FC Celtic. Sementara Borusssia Moenchengladbach akan berhadapan dengan Barcelona.

Peluang Moenchengladbach untuk mengalahkan Barcelona dengan skor besar boleh dibilang sangat kecil ,di sisi lain Celtic yang akan bermain di kandang Manchester City butuh keajaiban untuk menaklukkan raksasa liga Inggris tersebut dengan skor mencolok.

Di grup D, Atletico Madrid dan Bayern Muenchen sudah memastikan tiket ke babak 16 besar. Atletico Madrid mengumpulkan 15 poin dan Muenchen 9 poin, tak mungkin dikejar oleh FC Rostov dengan 4 poin dan PSV Eindhoven dengan 1 poin.

Di grup E, AS Monaco dipastikan lolos setelah kumpulkan 15 poin. Dibelakangnya ada Bayern Leverkusen dengan 7 poin dan Tottenham Hotspur dengan 4 poin. Untuk lolos, Leverkusen cukup meraih hasil imbang saat menjamu Monaco. Sedangkan Tottenham harus menang besar atas CSKA Moskva, sembari berharap Tottenham dikalahkan oleh AS Monaco.

Di grup F, dua tiket babak 16 besar telah digenggam oleh Borussia Dortmund dan Real Madrid. Pertandingan ke-6 yang mempertemukan Dortmund dan Real Madrid hanyalah akan menentukan siapa yang lolos sebagai juara grup dan siapa yang menjadi runner-up.

Di grup G, Leicester City telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan koleksi 13 angka. Di peringkat 2 ada FC Porto dengan 8 poin dan peringkat 3 ada FC Kobenhavn dengan 6 poin. Penentuan siapa yang mewakili grup G menemani Leicester akan ditentukan di pertandingan terakhir.

Porto dipastikan lolos jika mampu mengalahkan Leicester City. Porto masih berpeluang lolos jika mampu menahan Leicester, sementara FC Kovenhavn kalah atau seri melawan Club Brugge. Jika FC Kovenhavn menang, sementara Porto seri, maka Kovenhavn akan lolos berkat keunggulan selisih gol.

Di grup H, Juventus sudah dipastikan lolos ke babak berikutnya usai mengumpulkan 11 angka. Di bawahnya, Sevilla dan Olympique Lyonnais akan saling berhadapan untuk satu tiket tersisa. Sementara, Dinamo Zagreb yang belum memperoleh poin sudah lebih dulu dipastikan tersingkir.

Sevilla saat ini mengantongi 10 poin hanya butuh hasil seri untuk kepastian lolos. Sementara Lyon butuh kemenangan dengan minimal dua gol untuk menggeser Sevilla di posisi runner-up sebagai syarat lolos ke babak 16 besar.(MIM)