Syaiful Bahril ketua Rt 10 terpilih berdialog dengan beberapa warganya di Mushalla Baitul Makmur

PALEMBANG, HS Warga RT 10/RW 05, Perumahan Griya Cipta Sejahtera (GCS), Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang, melaksanakan pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) periode 2017-2020, beberapa hari lalu di Mushalla Baitul Makmur.

Kali itu, ada yang berbeda di pemilihan Ketua RT RT 10 RW 05. Dalam pemilihan Ketua RT ini ada enam kandidat yang bakal maju sebagai calon, termasuk Syaiful Bahri (incumbent) untuk memerebutkan jabatan ketua RT.

Persis pukul 19.30 WIB, jalannya pemilihan Ketua RT 10 ini berlangsung aman dan kondusif. Pun begitu, warga antusias berdatangan ke tempat pemilihan Ketua Rt. Dan, Taufiq, panitia pemilihan Ketua RT 10 RW 05 menyampaikan soal mekanisme yang bakal ditempuh.

“Sebagian warga menyarankan, setiap blok di perumahan GCS mencalonkan kandidat untuk maju di pemilihan Ketua RT. Bagaimana, Bapak-bapak hadirin..?,” tanya Taufiq kepada warga yang hadir.

Kata-kata pun bersambut salam. Beragam komentar spontan menghiasi suasana pemilihan Ketua RT 10. Melalui dengar pendapat dan perdepatan kecil, akhirnya Ketua Mushalla Baitul Makmur Sugiono memersilakan para warga untuk memilih mekanisme apa yang akan dipakai.

Walhasil, hampir 30 menit warga berunding guna menemukan sistem yang akan digunakan, akhirnya warga sepakat untuk menanyakan tentang kesiapan calon incumbent untuk memimpin RT 10 RW 05 keduakalinya.

“Insyaallah saya siap lahir dan batin jika saya memang dipercaya kembali jadi Ketua RT 10. Bagi saya, tanpa dukungan penuh dari warga, saya tak akan berarti apa-apa,” ucap Syaiful merendah.

Tak berlama-lama menantikan siapa Ketua RT 10 periode berikutnya? Akhirnya, dengan segala rasa hormat yang setinggi-tingginya warga yang awalnya menjadi kandidat legowo memersilahkan calon incumbent untuk memimpin RT 10 ke duakalinya.

“Ya, kalaulah warga sudah bulat ingin mencalonkan kandidat tunggal yaitu Pak Syaiful Bahri, itu berarti marilah sama-sama kita bangun RT ini dengan kerjasama yang baik, damai, dan saling rukun,” cetus Rusmin, seorang warga di perumahan GCS.

Suara pembelajaran demokrasi pun disampaikan oleh beberapa perwakilan warga yang bermukim di lingkungan RT 10 RW 05.

“Yang kita inginkan di pemilihan Ketua RT ini sejujurnya adalah bagaimana tradisi pemilihan yang melekat di setiap warga. Nilai-nilai kejujuran dan kepercayaan sangat penting dalam sebuah proses demokrasi. Harapan saya dan keinginan kami semua, ayo kita bersama-sama majukan RT 10 RW 05 ini dengan rasa tanggungjawab,” demikian komentar warga GCS yang enggan dituliskan namanya.

Syaiful Bahri, Ketua RT 10 RW 05 terpilih mengucapkan rasa syukurnya yang mendalam kepada warganya.

“Alhamdulillah pemilihan RT hari ini berjalan cukup aman dan kondusif. Terimakasih kepada warga RT 10. Lagi-lagi tanpa warga saya tak akan ada arti apa-apa,” tutupnya. (REI)