PALEMBANG,HS – Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki mengharapkan kepada pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah II-A Sumsel dan Babel periode 2017-2021 agar dapat membenahi organisasi-organisasi keguruan dan sekaligus meningkatkan kwalitas sarjana lulusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang unggul dan mampu bersaing dengan lulusan Universitas lain baik negeri maupun swasta.

Menurut Ishak Mekki, Selama ini PTS Sudah banyak memberikan peranan terhadap peningkatan kwalitas sumberdaya manusia baik di Provinsi Sumsel maupun Babel. Namun, harus terus ditingkatkan dan menjadi tugas kedepan kepengurusan APTISI yang baru.

“Setelah terpilihnya ketua APTISI Wilayah II-A Sumsel dan Babel yang baru saya harapkan agar mampu membawa asosiasi ini lebih baik lagi kedepan,” harap Ishak Mekki.

Hal ini disampaikan Ishak Mekki saat menghadiri pemilihan kepengurusan APTISI Wilayah II-A Sumsel dan Babel periode 2017-2021 dan Musyawarah wilayah V APTISI dengan tema “Peran Pemerintah Daerah Dalam Memajukan Perguruan Tinggi Swasta,” di Komplek Rumah Makan Sri Melayu Palembang, Rabu (1/2).

Nampak hadir dalam kesempatan ini Ketua APTISI Pusat, Dr. Ir. M Budi Djatmiko, M.Si, MEI, Ketua APTISI Wilayah II-A Sumsel dan Babel Periode 2012-2016 Drs. Muhammad Helmi MS, Koordinator Kopertis Wilayah II, Slamet Widodo, serta para pimpinan PTS diwilayah Sumsel dan Babel.

Lebih lanjut Ishak Mekki mengatakan, kondisi saat ini terkait pengelolaan PTS dilimpahkan kepada pemerintah pusat. Namun, hal ini bukan berarti pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota tidak boleh mendukung, membantu, dan mendorong PTS agar bisa lebih maju.

Dijelaskan Ishak Mekki, Kalau PTS hanya hidup dengan mengandalkan mahasiswa, tentu sangat terbatas, sehingga perhatian dan dorongan dari Pemerintah daerah juga sangat diperlukan.

“Pemerintah Sumsel sendiri terus memberikan perhatian penuh kepada PTS yang ada di Sumsel, baik melalui, Program dukungan dana langsung, maupun dukungan berbentuk fisik dan lainnya,” terangnya.

Sementara, Ketua APTISI Wilayah II-A Sumsel dan Babel Periode 2012-2016 Drs. Muhammad Helmi MS, Koordinator Kopertis Wilayah II, Slamet Widodo mengatakan, saat ini jumlah keseluruhan PTS di wilayah Sumsel sebanyak 105 dan diwilayah Babel sebanyak 15 PTS dan keseluruhannya tergabung dalam APTISI. “melalui muswil V APTISI akan dibahas terkait program kerja kedepan serta pemilihan langsung ketua periode 2017-2021,” tandasnya. (Rilis humas pemprov)