PALEMBANG,HS – Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki bersama keluarga besarnya melaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H tahun 2017 M di Masjid Raya Taqwa, Jumat (1/9). “Alhamdulillah pada pagi hari ini kita semua masih bisa bisa berjumpa dengan Sholat Idul Adha 1438 H. Rasa syukur ini mari kita iringi dengan do’a dan harapan semoga amal ibadah kita selama satu tahun  penuh sampai ke hari ini di ridhoi dan diberkahi oleh Allah SWT,” ujar Wagub Ishak Mekki saat memberikan sambutan sebelum melaksanakan Sholat Idul Adha di hadapan ratusan umat muslim.
Menurutnya, hari ini adalah hari yang penuh berkah, hari yang sangat bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia. Karena hari ini merupakan hari kemenangan Nabi penemu konsep ke Tauhidan dalam bertetuhanan. “Nanti kita akan menyembelih hewan qurban dalam rangkah ibadah kepada Allah SWT, betapa mulianya ibadah qurban ini,”tuturnya.
Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi Sumsel saat ini telah dan akan melaksanakan pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan yang telah dilakukan juga bertujuan untuk menunjang dan mendukung kegiatan-kegiatan baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Yang pada nantinya juga akan berdampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sumsel.
“Saat ini yang telah dibangun adalah Underpass Simpang Patal Pusri Palembang, Duplikat Jembatan Musi 2 Palembang, Jembatan Musi IV dan Musi VI, Tol Palindra, Tol Kapal Betung, Fly Over simpang Bandara dan Fly Over simpang Keramasan,”lanjut Wagub.
Untuk menunjang kegiatan Pendidikan masyarakat yang ada di Sumsel, Pemerintah Provinsi Sumsel telah meluncurkan program Kuliah Gratis, Bantuan Pondok Pesantren dan juga untuk menunjang kegiatan dan aktivitas Masjid yang ada di Sumsel melalui kegiatan safari Jum’at seperti memberikan bantuan kepada Masjid/Musholla.
“Pemprov Sumsel juga sudah meresmikan Kawasan Embarkasi Terpadu Palembang yang didalamnya terdapat Ka’bah dengan ukuran yang sebenarnya, Lintasan Sa’i, tempat melempar Jumroh dan Mock Up Pesawat,”terangnya.
Selain itu, Dirinya mengucapakan terima kasih kepada bapak Presiden RI, Joko Widodo yang sudah memberikan satu ekor sapi untuk di qurbankan bagi masyarakat Sumsel.
Sementara itu, laporan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumsel dan juga Ketua Umum Masjid Raya Taqwa, Ahmad Najib mengatakan pada hari ini Masjid Raya Taqwa telah menerima hewan qurban berupa sapi 13 ekor dan kambing 7 ekor, yang akan dilakukan penyembelihannya besok (Sabtu) jam 7 pagi, dikarenkan pada hari ini bersamaan hari Jumat.
“Dari hewan-hewan qurban tersebut ada pemberian dari bapak Presiden RI, Joko Widodo satu ekor sapi dengan berat 1,3 ton dan satu ekor sapi dari bapak Wagub Sumsel H Ishak Mekki. Nantinya hewan qurban tersebut akan di bagikan ke Fakir Miskin,”pungkasnya.