PALEMBANG,HS – Dalam rangka mengantisipasi hal-hal konflik yang tidak diinginkan di daerah Provinsi Sumsel khususnya dalam mengamankan Pilkada dan Asian Games 2018. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel mengagas kegiatan silaturahmi bersama Wakil Gubernur Sumsel dengan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sumsel di Rumah Makan Pagi Sore, Kamis (23/3).

Acara tersebut juga mengundang para Kepala Badan Kesbangpol seluruh Kab/Kota se-Sumsel serta Kabinda Provinsi Sumsel, Kolonel Infantri Edmil Nurjamil, As Intel Kejati Sumsel, Dedi dan Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombespol Slamet Hariyadi.

Menurut Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki kegiatan yang digagas oleh Kaban Kesbangpol ini sangat baik sekali dalam menyambut keamanan di Sumsel, karena berperan penting dalam keadaan kondusif di Sumsel.

Ishak menilai, dikumpulkannya seluruh Kaban Kesbangpol se-Sumsel dalam rangka mensinergikan kedepan guna mengantisipasi persoalan-persolan yang tidak diinginkan. Seperti menghadapi pilkada serentak dan Asian Games 2018.

Untuk menghadapi pilkada serentak ada 9 Bupati/Walikota dan Gubernur,  Ishak mengatakan, ini harus mengantisipasinya agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. “Walaupun pilkada sebelum-sebelumnya di Sumsel berjalan baik dan lancar, namun kita juga harus tetap bersinergi agar tidak ada hal yang diinginkan,”katanya.

Selain itu juga, menghadapi Asian Games 2018, Kata Ishak harus menjaga stabilitas keamaanan di Sumsel. “Memang saat ini di Sumsel dibilang aman dan belum pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama. Namun kita harus pertahankan bahkan harus kita tingkatkan lagi sehingga keamanan di Sumsel tetap kondusif. Jadi semua persoalan harus kita antisipasikan mulai sekarang dan bersinergi,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Richard Cahyadi menuturkan, kegiatan pertemuan ini pertama kalinya digagas dengan seluruh Kaban kesbangpol se- Sumsel. “Saya sengaja mengajak kesini untuk bersilaturahmi dan berbagi berpengalaman,”tuturnya.

“Kita berkumpul untuk merapatkan barisan sehingga kegiatan dalam menjaga keamanan di Sumsel dalam menyukseskan Event-event internasional bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,”tutupnya.(rilis humas pemprov)