PALEMBANG,HS – Peluang bakal calon Gunernur Sumsel yang juga mantan Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI (Purn) Iskandar M Sahil untuk diusung menjadi calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2013 terbuka luas.

Sebab, sejumlah partai politik termasuk juga partai Hanura saat ini memberikan peluang yang sama kepada seluruh pendaftar yang akan maju dalam pilkada Sumsel.

Ketua tim seleksi dan penjaringan cagub dan cawagub DPW Partai Hanura, Zakaria Abbas mengatakan, sejauh ini belum ada kandidat internal yang akan diusung pihaknya.

“Kita memberikan peluang yang sama kepada seluruh pendaftar. Kita memiliki mekanisme sendiri untuk menentukannya,” kata Zakaria saat menerima pengembalian formulir pendaftaran dari Iskandar Sahil, Jum’at (28/7).

Salah satunya, kata Zakaria, yakni dengan melihat kinerja politik dari bakal calon.

“Kita melihat kinerja bakal calon untuk menentukan dan menetapkan kandidat tersebut sebagai calon. Kita harapkan setiap kandidat dapat bersaing sehat,” terangnya.

Iskandar Sahil yang ditemui usai pengembalian formulir pendaftaran di partai Hanura mengaku optimis jika akan diusung oleh beberapa partai yang sudah dilamarnya.

“Semuanya (bakal calon) berpeluang, termasuk saya memiliki kayakinan itu. Partai juga memberikan peluang yang sama kepada kami,” kata Iskandar.

Figur Iskandar sendiri memang tak bisa diragukan. Terlebih elektabilitas Iskandar saat ini sudah cukup tinggi. Visi misi yang jelas seperti pemerataan pembangunan, peningkatan keamanan membuat Iskandar semakin dikenal masyarakat Sumsel.

“Agama juga tak kalah penting. Itu juga yang saya tegaskan. Saya juga berharap agar ajang pilkada ini menjadi politik yang bersahabat dengan persaingan yang sehat,” tandasnya.(MDN)