PALEMBANG,HS – Gerak cepat Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru terhadap Kabut Asap. Dikarenakan, Nilai ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) DI Palembang saat ini cukup tinggi, membuat Herman Deru mengambil tindakan cepat guna mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari Kabut Asap tersebut kepada masyarakat Sumsel khususnya yang berada di Kota Palembang.

Ia menghimbau kepada masyarakat jika sedang berada di ruang terbuka agar selalu menggunakan masker, dan jika tidak ada kepentingan mendesak lebih baik tetap dalam ruangan tertutup dan perbanyak minum air putih.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, telah menyiapkan Rumah Singgah di Pusat Krisis Bencana di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

“Ruangan khusus yang diperuntukkan untuk antisipasi jika ada penumpang pesawat atau masyarakat di sekitar bandara yang mengalami sesak napas mendadak,” katanya

Alat yg tersedia di Rumah Singgah tersebut antara lain :

1. Oxygen concentrate 5/6 unit.
2. Oxygen tabung 1 unit
3. Makanan tambahan ibu hamil
4. Makanan tambahan balita
5. Masker
6. Oxycan
7. Air purifier.

Selain menyiapkan Rumah Singgah di Bandara, Pemprov Sumsel juga memberikan. Masker secara gratis ke masyarakat ke rumah-rumah penduduk dan jalan raya.

Ia juga mengharapkan, kesadaran masyarakat untuk dapat mengatasi permasalahan kesehatannya. Dan beliau juga menjamin Fasilitas pelayanan kesehatan semua siaga, ditambah lagi PSC 119 utk gawat darurat Telpon 119 bebas pulsa.