PALEMBANG,HS – Kolonel Arh Sonny Septiono, S.E. resmi dilantik menjadi Komandan Korem 044/Garuda Dempo menggantikan Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. setelah melaksanakan serangkaian acara pengambilan sumpah jabatan dan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum. bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Jasdam II/Sriwijaya Jln. Kolonel H. Burlian KM.9 Palembang, Sabtu (26/1/2019).

Kegiatan pergantian jabatan ini sebagai realisasi Keputusan Kasad Nomor Kep/1077/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018, dimana Danrem 044/Gapo yang lama Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. dimutasi menjadi Pamen Mabesad dalam rangka mengikuti pendidikan Lemhannas RI, sedangkan penggantinya Kolonel Inf Sonny Septiono, S.E. sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Korem 032/Wira Braja Padang Kodam I/Bukit Barisan.

Bersamaan dengan Sertijab Danrem 044/Gapo tersebut, dilaksanakan Sertijab Danrem 041/Gamas, Danrem 042/Gapu, Danrem 043/Gatam, Danrindam II/Swj, Staf Ahli Pangdam Bidang Ideologi, Staf Ahli Pangdam Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup, Kapaldam II/Swj, Kasetumdam II/Swj, Kapuskodaldam II/Swj dan Danyonarhanud-12/SBP.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum. menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada para pejabat lama atas pengabdiannya selama bertugas mendukung tugas pokok Kodam II/Swj, dan ucapan selamat kepada para pejabat baru atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara. “Sebagai sebuah kepercayaan sekaligus amanah, setiap personel yang menduduki suatu jabatan juga harus siap untuk dievaluasi pelaksanaan tugasnya setiap saat”, ungkap Pangdam.

Selain itu, Pangdam II/Swj mengingatkan bahwa pada tahun 2019 merupakan tahun politik yaitu dilaksanakan pemilihan anggota legislatif dan presiden. Ini merupakan momentum strategis yang akan kembali menguji persatuan dan kesatuan bangsa. Sukses atau tidaknya penyelenggaraan pemilu tersebut akan menjadi salah satu barometer untuk memperkirakan warna lembaran sejarah demokrasi di Indonesia selanjutnya.

“Oleh karenanya, TNI AD sangat berkepentingan untuk membantu mengawal dan menjaga jalannya Pemilu tersebut, sekaligus memberi jaminan ketertiban dan kenyamanan bagi masyarakat dalam memperoleh dan menyalurkan hak politiknya, tanpa mengabaikan netralitas TNI. Karena netralitas TNI telah final dan tidak perlu diperdebatkan ataupun diragukan kembali, loyalitas TNI AD harus tegak lurus ke atas secara hierarkis sesuai amanat konstitusi”, pungkas Pangdam.

Hadir dalam acara Sertijab tersebut Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M.Tr. (Han)., Irdam II/Swj, para Danrem, para Perwira Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam II/Swj, para Asisten Kodam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Sriwijaya.