Sejarah-Musik-Campur-Sari

PALI, HALUAN SUMATERA – Menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), digelar Kontes Lagu Campursari (KLC).

Acara tersebut akan digelar pada tanggal 31 Agustus 2016 mendatang dan berlangsung selama tiga hari, dengan lokasi pelaksanaan di Halaman Radio PALI, Jalan Merdeka Lembah Golf kelurahan Handayani Mulia, Kabupaten PALI.

Dede Apriandi, salah satu panitia yang juga Direktur Radio PALI mengatakan bahwa acara tersebut untuk menyemarakan HUT ke-71 RI dan mengangkat seni budaya, sekaligus juga sebagai wahana silaturahmi para perantau dari Jawa di Kabupaten PALI.

Bagi pria yang kerap disapa Mang Dede ini, lagu Campursari merupakan warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya agar tidak terkikis oleh zaman.

“Selain kontes menyanyi, pada kegiatan ini rencananya juga akan dilaksanakan cek kesehatan dan KB gratis,” ujar Mang Dede, Minggu (21/8).

Acara yang diselenggarakan oleh Radio PALI bekerja sama dengan Pujasuma dan TP-PKK PALI dan disponsori oleh Dinas Kesehatan, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten PALI serta Pertamina Pendopo ini, mengusung tema “Cintai Budaya Sebagai Identitas Bangsa Lewat Sebuah Nada”.

“Untuk pemenang, kami menyiapkan berbagai macam hadiah serta hadiah utama berupa trofi dan uang pembinaan,” jelas mang Dede.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, lanjut Mang Dede, dapat menghubungi Imah – 085383050446 dan Santosa – 081368322499.

“Atau untuk informasi lebih lanjut, boleh mengunjungi sekretariat di Kantor PALI Radio,” pungkas Mang Dede. (ans)