PALEMBANG,HS – Dinas Pengendalian Sumber Daya Air (PSDA) Sumsel tahun ini akan menerima dana hibah bantuan dari luar negeri untuk memelihara saluran irigasi persawahan.

Hal ini tersebut diungkapkan Kepala PSDA Sumsel, Darma Budhi
Saat diwawancarai diruang kerjanya selasa (20/2/2018).

“Ya, PSDA dapatkan bantuan dana hibah dari luar negeri sekitar 83 miliar. Untuk pencairannya dilakukan bertahap selama 5 tahun,” ujarnya

Ia juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel khususnya Dinas PSDA mendapatkan alokasi dana hibah luar negeri untuk swasembada pertanian dari tiga lembaga internasional. Yakni Asian Development Bank (ADB), International Fund for Agricultural Development (IFAD), dan International Accreditation Forum (IAF).

Dia menjelaskan, pemberian hibah ini sendiri berdasarkan hasil dari perundingan lembaga luar negeri tersebut dengan Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR. Dimana, Provinsi Sumsel diminta untuk mengajukan kebutuhan.

“Peruntukan dana hibah sendiri untuk revitalisasi irigasi persawahan dan sesuai dengan program padat karya dari Presiden RI,” katanya.

Ia juga menyampaikan, meski belum menentukan daerah persawahan mana yang akan menerapkan program dana hibah ini, namun jika berdasarkan penilaian, kemungkinan akan dilakukan di Musi Rawas, Lahat, dan OKU.

“Total areal irigasi dibawah wewenang Sumsel sendiri seluas 49 ribu hektar terdiri dari irigasi rawa dan permukaan,” tegasnya