Foto: IST

PALEMBANG, HS – Masyarakat Seberang Ulu kota Palembang segera menikmati gas alam murah dari Pertamina. Kepastian ini didapat dari Pemerintah kota (Pemkot) Palembang yang akan segera membangun jaringan gas rumah tangga di kawasan Seberang Ulu.

Pjs. Walikota Palembang, Akhmad Najib mengatakan, realisasi pembangunan gas tersebut segera terwujud setelah penandatanganan serah terima kegiatan lapangan, terkait pembangunan jargas untuk rumah tangga, di ruang rapat Parameswara Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Jumat (4/5).

“Setelah penandatanganan, PT Pertamina melalui kontraktor pelaksana, segera melakukan pekerjaan yang dimulai dari wilayah pemukiman di Seberang Ulu,” kata Najib.

Menurut Najib, apa yang dilaksanakan Pertamina Gas dan program Kementrian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) ini, mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Dimana untuk target pembangunan jaringan gas pada tahap awal ini, pemerintah menargetkan saluran jaringan di kawasan Seberang Ulu mencapai 4.315.

“Ini realisasi hingga Desember 2018. Jika ini terwujud, maka pada tahun 2019 penambahan jaringan gas di kawasan Seberang Ulu akan ditingkatkan lagi,” ungkapnya.

Kota Palembang ini, sambung Najib adalah kota dengan jumlah penduduk terpadat di Sumatera Selatan. Dengan adanya jaringan gas ini, dapat memberikan pelayanan terhadap kebutuhan hidup masyarakat.

“Setelah pelayanan air bersih kita sampai ke ujung pelosok. Target kita untuk jargas ini dapat melayani juga seluruh masyarakat Palembang sampai ke pelosok juga,” ulasnya.

Dalam kesempatan itu, Najib berharap agar pihak pelaksana pekerjaan fisik pembangunan jargas dapat melaksanakan pembangunan yang tidak merusak fasilitas yang telah dibuat Pemkot Palembang.

“Kita minta pembangunan dilaksanakan dulu di wilayah pemukiman. Setelah Asian Games Agustus 2018, silakan laksanakan di pinggir jalan. Karena jangan sampai nanti pekerjaan jarga merusak perbaikan yang saat ini sedang dilaksanakan jelang Asian Games,” imbuhnya.