PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Jawa Timur mengelar kegiatan untuk upaya peningkatan transaksi dagang antara Provinsi Sumsel dan Jawa Timur yang ikut serta membawa 20 lebih para pelaku UKM ke kota palembang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh
Plt Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Joko Imam Sentosa secara resmi membuka kegiatan Misi Dagang dalam forum  Temu Bisnis Provinsi Jawa Timur ke Provinsi Sumsel di Kota Palembang di hotel Daira Palembang, Kamis (9/3).

“Ya, ini menjadi salah satu daerah tujuan untuk memperluas jaringngan usaha UKM asal Provinsi lain salah satunya Jawa Timur, karena terdapat peluang besar di Sumsel dalam memperluas pemasarannya.” ujar Plt Sekda Sumsel Joko Imam Santosa

Menurut Joko, kerjasama antara Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sumsel sangat luas ruang lingkupnya, dan masih banyak potensi yang perlu di eksplorasi lebih jauh untuk meningkatkan manfaat bagi kedua daerah.

“Perlu adanya inisiasi dalam mengoptimalkan dan mengakselerasi misi dagang serta pertemuan kelompok bisnis keduanya, khususnya UKM dan para pengusaha, pemerintah daerah akan memfasilitasi kegiatan ini.” tegasnya

Dia juga menambahkan, melalui kegiatan misi dagang ini pihaknya mengharapkan agar memeberikan dampak dan manfaat bagi masing-masing daerah, terciptanya akses pasar, promiso produk UKM unggulan, serta meningkatkan jejaring pemasaran.

Lanjutnya, sebagai rangkaian identifikasi produk potensial untuk kenaikan level pelaku UKM yang sebelumnya mikro menjadi kecil, yang kecil menjadi menengah, hingga tercipta kemandirian pelaku usaha yang dapat menopang ekonomi daerah.

“Ya, Kita akan membantu dan menfasilitasi agar produk keduanya mampu diterima di pasar secara regional maupun global. Hari Senin nanto kita lakukan rapat bersama membahas potensi dagang kedua Provinsi yang bisa di kongkritkan,” jelasnya (MDN).