foto / gubernur sumsel alex noerdin

PALEMBANG,HS – Jelang Asian Games 2018, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H Alex Noerdin, meminta pihak terkait harus perketat pengawasan terhadap peredaran produk non Standar Nasional Indonesia (SNI) di kota Palembang.

“Saya sudah instruksikan kepada setiap instansi terkait agar terus melakukan sidak secara masif dan terus menerus,” ujar Alex saat diwawancarai dipemprov Sumsel Senin (12/3/2018).

Menurutnya, pengawasan akan peredaran produk non SNI atau juga makan yang diduga mengandung bahan-bahan berbahaya harus diperketat. Telebih, Sumsel khususnya Kota Palembang akan kedatangan ribuan tamu asing saat penyelenggaraan Asian Games mendatang.

Ia juga menambahkan Sebagai tuan rumah, tentunya Palembang harus memberikan pelayanaan terbaik. Tidak hanya dari sisi pemerintahan atau panitia saja, tapi juga harus didukung semua element. Termasuk swasta dan masyarakatnya.

“Seperti pedagang maupun ritel modern. Harus dapat menjual produk-produk yang aman dan berkualitas termasuk produk makanan, tentunya dengan jaminan SNI. Sebab, tentu nanti akan banyak tamu-tamu Asian Games yang berbelanja di Palembang,” pungkasnya

Lanjutnya Oleh karena itu, instansi terkait harus aktif melakukan sidak dalam mengawasi setiap peredaran produk di pasaran. Sebab, jika hanya sesekali saja masalah temuan seperti ini akan kembali terulang.

“Melakukan sidak tidak harus menunggu dari pemerintah pusat, bisa dilakukan setiap saat tanpa terjadwal. Dengan demikian akan dapat memberikan efek jera terhadap penjual yang nakal,” jelasnya

Sebelumnya Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan RI, bersama Disdak Sumsel, lakukan Sidak dan menemukan barang non SNI yang beredar di mall dan toko-toko modern dipalemban