PALEMBANG,HS – Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan memastikan saat Asian Games 2018 berlangsung di Kota Palembang, akan fungsikan tujuh titik park and ride yang diperuntukan untuk parkir kendaraan pribadi di tempat parkir dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus yang telah disediakan.

Sekretaris Dishub Provinsi Sumsel Uzirman mengatakan, difungsikannya 7 titik tersebut lantaran Jembatan Ampera akan ditutup selama pesta bangsa-bangsa se-Asia berlangsung, perkiraannya selama 18 hari. Jadi, untuk kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dilarang melintas Jembatan Ampera selama Asian Games.

“Nanti, selama Asian Games 2018, Jembatan Ampera tidak boleh dilalui kendaraan roda dua dan empat, maksudnya kendaraan pribadi. Jadi khusus diperuntukkan untuk kendaraan umum dan kendaraan khusus menuju Jakabaring Sport City,” kata Uzirman, rabu (13/12/2017).

Dikatakannya, karena dilarang melintas pihaknya menyediakan tujuh titik park and ride. Ketujuh lokasi yang tersebar di Kota Palembang ini adalah Gedung DPRD Provinsi Sumsel, Simpang Balai Latihan Kerja (BLK) Kenten, Asrama Haji Palembang, kawasan Veteran, Stasiun Kertapati, Plaju Stadion Patra dan Dekranasda.

“Karena yang lewat itu khusus untuk kendaraan umum (bus, angkot dan Transmusi-red) dan kendaraan khusus Asian Games yang akan ditandai dengan stiker khusus Asian Games,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, 7 titik lokasi tersebut diperuntukkan untuk warga yang ingin menyaksikan pertandingan di JSC Palembang. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat bisa diparkirkan di lokasi tersebut dan Pemerintah akan mempersiapkan petugas baik dari Dishub dan pihak terkait di area parkir tersebut.

“Silahkan parkir disitu tujuh titik yang telah kita tentukan itu. Di sana juga akan diletakan mobil shuttle yang datang 5 menit sekali. Kendaraan bisa parkir di sana,” ungkapnya

Menurutnya, ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan di Jakabaring. Bagi masyarakat berkendaraan pribadi baik mobil maupun motor yang ingin menyeberang dari Seberang Ilir ke Seberang Ulu maupun sebaliknya bisa melalui Jembatan Musi IV dan Musi VI.

“Jadi meskipun Jembatan Ampera ditutup, kendaraan tetap bisa menyeberang, tapi saat Asian Games tidak lewat Jembatan Ampera melainkan melalui Jembatan Musi IV maupun VI,” jelasnya (MDN)