PALEMBANG,HS – Sebagai tuan rumah Asian Games, berbagai perbaikan terus dikebut pasalnya untuk menjadi tuan rumah yang baik, salah satunya perbaikan tak luput juga jembatan kebanggaan masyarakat Kota Palembang yakni, berupa mempercantik jembatan Ampera.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V, Zamharir Basuni mengatakan, guna mempercantik salah satu jembatan yang icon Kota Palembang, pihaknya akan melakukan perbaikkan berupa pengecatan tiang-tiang yang ada di jembatan Ampera, hal ini dilakukan agar terlihat cantik khususnya para tamu yang akan melalui jembatan tersebut.

“Kami sudah menganggarkan akan melakukan perbaikan jembatan Ampera berupa pengecatan ulang, terutama disisih tiang jembatan. Hal ini dilakukan agar terlihat cantik saat tamu akan melintasi Ampera,” katanya, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (30/4/2018).

Ia menjelaskan, pengecatan jembatan tersebut akan diperjelas warnanya berupa warna merah yang merupakan warna asli dari jembatan yang menghubungkan wilayah Ilir dan ulu tersebut.

“Saat ini kan warna merah yang menjadi cat jembatan Ampera tersebut sudah mulai memudar, oleh sebab itu akan dilakukan  pengecatan warna merah agar nantinya kelihatan cantik,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pengerjaan perbaikan berupa pengecatan jembatan tersebut ditargetkan Juli mendatang akan selesai, artinya sebelum perhelatan Asian Games perbaikan akan selesai. Bukan saja pengecatan.

Perbaikan Ampera juga akan dilakukan bukan saja bagian luar saja tetapi bagian bawah Ampera yang saat ini besi yang sudah berkaratan oleh temakan usia juga tak luput dari perbaikan, tetapi perbaikan tersebut akan dilakukan usai Asian Games.

“Sebelum Asian Games ini dilakukan pengecatan agar warnanya terlihat cantik kembali, setelah itu baru akan dilakukan perbaikan lainnya berupa memperbaiki besi-besi yang sudah termakan usia (karatan),” bebernya.

Ia menambahkan, dana perbaikan Ampera sendiri mencapai 20 miliar dari mulai pengecatan hingga ada beberapa besi khususnya di bagian bawah jembatan sudah termakan usia.

“Untuk selama pengecatan serta perbaikan Ampera sendiri aktifitas jembatan masih berjalan seperti biasa, artinya tidak ada penutupan lalulintas. Sementara untuk jam digital yang ada di Ampera masih diupayakan dilakukan perbaikannya,” jelasny