PALEMBANG,HS – Jembatan Musi IV satu – satunya jembatan di Indonesia dan 1 dari 70 jembatan  di dunia yang memakai teknologi deteksi kesehatan jembatan.
Hal diungkapkan langsung kepala balai besar pelaksana jalan nasional wilayah V KemenPUPR, Kiagus Syaiful Anwar.
Menurutnya, Jembatan Musi IV merupakan jembatan tipe Cable Stay Extradosed dan PC U-Girder. Ini merupakan jembatan yang membanggakan karena merupakan jembatan box girder terpanjang dan ini dinilai cukup langka.
“Jembatan ini pertama di Indonesia. Bukan hanya strukturnya tapi teknologi alat pendeteksi kesehatan jembatan yang berada di jembatan itu sangat mendukung. Bahkan 1 dari 70 jembatan di dunia yang menerapkan teknologi itu ada di jembatan ini,” jelasnya.
Ia menjelaskan, jembatan ini menggunakan penerapan Structural Health Monitoring System (SHSM) untuk memonitor kesehatan jembatan dan mengirimkan informasi ke pusat data. Jembatan dengan dua lajur kendaraan itu diyakini mampu memiliki daya tahan mencapai 100 tahun.
“Saat ini jembatan Ampera sudah sangat padat, sehingga diperlukan adanya jembatan lain. Yakni jembatan Musi IV. Menariknya, jembatan ini akan dihiasi berbagai ornamen khas Palembang,” tutupnya