Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Rencananya Presiden Joko Widodo bakal menyerahkan keputusan tentang akses hutan sosial kepada masyarakat di Sumsel.
Hal ini dikatakan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya saat berkunjung ke Puntikayu, Sumsel, Rabu (21/11/2018).
Menurutnya, sebagai penanggung jawab teknis hutan sosial dirinya sengaja mendatangi Sumsel untuk mengecek terlebih dahulu ke lapangan serta untuk meyakini beliau bahwa hutan sosial itu bagus.
Nantinya, dalam lawatan Presiden RI ini akan diserahkan keputusan tentang akses hutan sosial seluas 50 ribu hektar untuk 10 ribu Kepala Keluarga (KK) dari 10 kabupaten di Sumsel.
“Ini hutan sosial untuk diakses selama 35 tahun,” katanya
Ia mengaku saat ini pihaknya terus merapikan konflik  hutan sosoal untuk mengembalikan tanah hutan yang sudah tidak ditanami lagi. Namun, tentunya tidak gampang terutama di Sumsel.
Meskipun begitu, dirinya optimis dapat merapikan kembali hutan sosial sehingga tidak menimbulkan konflik.
Dirinya bercita-cita 12,7 juta hektar dapat diseleaikan. Namun, yang baru diselesaikan baru 2,2 juta hektar. Dirinya juga menargetkan ditahun 2019, pihaknya dapat memberikan akses hutan sosial sebanyak 3,5 juta hektar kepada masyarakat.
“Jika lebih banyak maka lebih bagus tentunya,” tutupnya