Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo-Ma’ruf Amin direncankan dilantik di Gedung MPR pada Minggu (20/10/2019) pukul 14.00 WIB, banyah hal dan harapan yang di sematkan di pundak pasangan ini.untuk kemajuan negara ini agar pembangunan di negara ini bisa lebih maju pasca dilantik mereka berdua

Salah satunya dari Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad SSi MM, yang memiliki pandangan soal pelantikan Jokowi Makruf terlebih soal otonomi Daerah agar bisa menguntungkan daerah yang telah di cananngkan presiden terdahulu .

“Kita berharap pelantikan Presiden Jokowi tanggal 20 Oktober ini yang baik agar diteruskan terutama yang menguntungkan daerah. Kita ingin otonomi daerah sejak Presiden Habibie, Gusdur, sampai sekarang Pak Jokowi, itu diimplementasikan,” ungkap joncik ketika ditemui di Fraksi PAN DPRD Sumsel

Menurut mantan Ketua Fraksi PAN DPRD Sumsel, banyak otonomi daerah makin hari makin tahun perubahan kebijakan UU daerah dengan segala perubahan itu kadangkala terasa bahkan spirit otonomi itu mulai kembali berangus dibawa ke pusat.

“Nah ini diharapkan kepercayaan pusat terhadap daerah supaya percaya penuh,” kata Joncik.

Sejak di bawah kepemimpinan Jokowi, kata Joncik, kebijakan pembangunan infra struktur. Seperti Empatlawang sangat bergantung dengan pusat. Karena kalau menggantungkan dengan potensi daerah gak mungkin. Empatlawang jadi daerah otonom sangat tergantung dengan DAU, DAK, bantuan lain sebagainya dari pusat.

“Dengan pelantikan Pak Jokowi sebagai Presiden periode kedua ini, kita berharap agar pemerintahan Presiden Jokowi kecendenderungan berpihak kepada daerah baik, makin terasa,” kata Joncik yang juga Ketua KAHMI Sumsel. (don)