PALEMBANG,HS – Sebanyak 5000 guru basket di Sumsel akan mendapat pelatihan langsung dari Jr NBA. Pelatihan ini akan digelar di gedung PSCC, Palembang 20 September mendatang.
Vice President Jr NBA, Jim Wong dalam keterangan pers nya di Griya Agung Palembang mengungkapkan, Jr NBA berkomitmen untuk pengembangan NBA di Sumsel. Tak hanya tahun ini saja, namun akan berlangsung dari tahun ke tahun.
“Kami menghargai pemerintah provinsi dan kabupaten kota yang fokus pada basket,” ujar Jim Wong, digriya agung Senin (3/9/2018).
Menurut Jim Wong, program pelatihan bagi 5000 pelatih basket ini merupakan yang pertama di gelar disatu tempat dalam waktu satu hari.
“Jadi Sumsel ini pioner pelatihan Jr NBA dan ini akan banyak ditiru daerah lain. Setelah latihan ini kami akan berhubungan langsung dengan pelatih basket untuk mengetahui perkembangannya,’ ujarnya.
Sementara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, setelah banyaknya prestasi yang ditorehkan Sumsel dalam berbagai event olahraga, dunia luar banyak mengamati Sumsel, salah satunya Jr NBA yang tertarik memberikan program latihan pada 5000 guru basket.
“Dipilihnya Sumsel sebagai pelatihan Jr NBA karena mereka melihat komitmen pemprov Sumsel  atas pengembangan olahraga yang luar biasa, PON, Sea Games, Asian Games. Apa yang kita lakukan ini diamati dunia luar, hari ini mereka datang untuk memberi pelatihan pada 5000 pelatih basket,” ujarnya
Dikatakan, pada pelaksanaannya, 5000 pelatih basket  yang ikut dalam pelatihan akan diinapkan di wisma atlet Jakabaring. Selanjutnya pelatih basket ini akan diboyong ke PSCC menggunakan LRT Palembang.
Lebih lanjut ia mengatakan, setelah mendapat program latihan dari Jr NBA, pemprov Sumsel akan mendorong pihak sekolah dan pemerintah kabupaten/kota untuk menggelar kompetisi basket yang pada akhirnya didapat bibit pebasket yang akan dijaring untuk menjadi tim basket handal.
“Kita juga mendorong agar sekolah-sekolah harus ada lapangan basket, kan buat lapangan basket tidak besar biayanya,” tutupnya