PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengelar rapat bersama PLN dan pihak Pertagas, Terkait Proyek galian listrik Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumbagsel, yang saat ini  terganggu akibat galian Pertagas di sepanjang Jalan MP. Mangkunegara sampai Simpang Jl. Noerdin Panji, rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Sekda Sumsel, Kamis (24/5/2018).

“Ya, rapat ini untuk menindak lanjuti proyek galian listrik PLN yang putus akibat galian dari Pertagas. Hasilnya pihak pertagas berkomitmen akan mengantinya,” ujar ujar Manager Oprasional PLN, Teddy usai Rapat membahas permohonan dukungan dari PT. PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumbagsel dalam pekerjaan pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) sebagai penunjang Asian Games berkaitan dengan Peletakan Pipa Pertagas di sepanjang Jalan MP. Mangkunegara sampai Simpang Jl. Noerdin Panji.

Ia mengatakan, pihak Pertagas mengakui bahwa terputusnya kabel PLN tersebut akibat pengeboran yang dilakukan pihak Pertagas. Untuk itu mereka berkomitmen akan mengantinya. Maka dalam waktu dekat pihak PLN akan melakukan recovery perbaikan pemasangan kembali kabel ditempat yang rusak.

“Untuk pengerjaannya sendiri ditargetkan selesai sebelum Asian Games. Namun jika belum selesai akan dilanjutkan setelah Asian Games. Untuk SKTT ini berkekuatan 150 KV. Saluran ini tidak mempengengaruhi suplai listrik untuk Asian Games, karena baik suplai energi dan sarana penunjangnya sudah beres,” pungkasnya

Menurutnya, SKKT ini untuk menunjang kehandalan sistem agar tercipta listrik tanpa kedip. Karena ini ditanam dibawah tanah jadi lebih aman dan juga free mantanen. Sehingga kemungkinan padam listrik semakin kecil. Jangan sampai saat Asian Games masyarakatnya mati lampu.

Sementara itu Kepala Biro Perekonomian Pemprov Sumsel, Afrian Jon menambahkan, bahwa Pemprov mendukung hal tersebut. Untuk pengerjaannya sendiri diharapkan tepat waktu.

“Kami akan terus memantau proyek ini dan kedua belah pihak diharapkan saling berkoordinasi. Untuk target kami harpakan selesai di bulan Juli,” tutupnya