Ilkay Gundogan merayakan gol penyeimbang ke gawang Barcelona. Manchester City akhirnya menang 3-1.

Ilkay Gundogan (jersey biru muda, nomor 8) merayakan gol penyeimbang ke gawang Barcelona. Manchester City akhirnya menang 3-1.

MANCHESTER, HS – Manchester City sukses balaskan dendamnya saat menjamu Barcelona dalam lanjutan match day ke 4 babak penyisihan grup Liga Champions, Rabu (2/10) dinihari. Pertandingan yang digelar di Etihad Stadium disudahi dengan skor akhir 3-1 untuk kemenangan tuan rumah The Citizens.

Tampil di hadapan publik sendiri, Man City bermain dengan percaya diri kontra Barcelona. Pressing yang diberikan oleh Raheem Sterling dkk sangat merepotkan Sergio Busquets dan deretan bek Barca.

Terus ditekan, Barca ternyata lebih pandai memanfaatkan peluang. Luis Suarez memimpin serangan balik, lalu memberikan umpan pada Neymar di sayap kiri. Striker Brasil itu menari dan beraksi sebelum memberikan umpan pada Lionel Messi yang menggebrak kotak penalti. La Pulga dengan tenang menaklukkan Willy Caballero. Skor 0-1.

Berada di atas angin, Barca malah melakukan kesalahan fatal tak lama sebelum jeda. Sergi Roberto berniat mengoper bola pada Umtiti, tapi bola mengalir terlalu deras. Aguero merebutnya, lalu memberikan terobosan pada Sterling. Diduga bakal menembak, ternyata Sterling melepaskan umpan silang yang langsung disambut Ilkay Gundogan. City berhasil menyamakan kedudukan. 1-1.

Penampilan positif pasukan Pep Guardiola ternyata tidak cuma bertahan hingga jeda. Pressing City bahkan makin menggila. Hal inilah yang berujung pada deretan serangan balik ke gawang Barcelona.

Gol kedua tuan rumah akhirnya hadir di menit 74 lewat situasi set piece  Kevin De Bruyne. De Bruyne dipercaya jadi algojo dan tendangan kaki kanannya tampak melaju kencang ke gawang Barca. Marc-Andre ter Stegen ternyata berdiri pada posisi yang salah sehingga gagal menjangkau bola.City membalikkan kedudukan lima menit setelah jeda.

Man City menghukum Barcelona sekali lagi lewat serangan balik. Umpan De Bruyne berhasil disambut oleh Jesus Navas yang menggantikan Sterling, lalu bola diberikan pada Aguero. Sang striker gagal merampungkannya, tapi bola muntah jatuh ke hadapan Gundogan. Bintang Jerman itu pun menambah koleksi golnya dengan sepakan keras ke gawang ter Stegen.

Tiga poin yang berhasil diraih oleh Citizens kini mengantongi tujuh poin di Grup C Liga Champions. Namun belum mampu menggeser Barcelona, yang mengantongi sembilan poin, dari puncak klasemen. (AND)