Daniel Sturridge (9), pencetak gol pertama Inggris ke gawang Malta dalam pertandingan Sabtu (8/10) malam.

Daniel Sturridge (9), pencetak gol pertama Inggris ke gawang Malta dalam pertandingan Sabtu (8/10) malam.

LONDON, HS – Tim nasional Inggris yang bermain di kandang sendiri, Stadion Wembley, Landon, Sabtu (8/10) berhasil memenangi pertandingan kedua babak grup kualifikasi Piala Dunia 2018.

The Three Lions yang tergabung di Grup F berhasil mengalahkan Malta dengan skor 2-0.

Di bawah caretaker pelatih Gareth Southgate, Inggris tampil dengan pola 4-3-3. Pada laga ini, Jesse Lingard mendapat kesempatan debut pertamanya sebagai pemain timnas senior.

Wayne Rooney dan rekan tampil dominan atas Malta dengan penguasaan bola sekitar 80 persen berbanding 20 persen. Inggris juga sukses membuat 20 tendangan ke gawang lawan, dengan 10 shoot on target. Sementara Malta hanya mampu membalas dengan satu tembakan ke gawang.

Di menit-menit awal pertandingan sempat kesulitan membongkar pertahanan Malta, bahkan Inggris mengalami musibah di menit 19. Bertrand yang mengalami cidera otot terpaksa ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Danny Rose.

Akhirnya, Inggris berhasil memimpin di menit ke-29. Henderson mengirim umpan silang dan Sturridge meyundul bola ke arah gawang. Kiper Malta, Andrew Hogg gagal mengantisipasi bola yang lebih dulu melewati garis gawangnya. Gol, Inggris memimpin 1-0.

Sebelas menit berselang, Dele Alli menyumbang gol untuk menambah keunggulan bagi timnas Inggris. Tendangannya sempat di blok kiper Andrew Hogg namun Alli masih berhasil menyambar bola rebound dan kembali melakukan tendangan ke arah gawang dan terjadilah gol kedua.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua tak ada lagi gol yang tercipta meski sejumlah peluang berhasil dibuat oleh pemain-pemain Inggris. Marcus Rashford yang dimainkan di babak kedua menggantika Theo Walcott juga berhasil menciptakan peluang namun sayang belum dapat menjadi gol.

Kemenangan ini membuat Inggris mendapat tambahan 3 poin untuk ada di puncak di Grup F dengan poin 6. Sementara Malta yang kembali menelan kekalahan berada di posisi juru kunci dengan poin 0. (MIM)

Susunan pemain:

Inggris: Hart; Walker, Stones, Cahill, Bertrand (Rose 19′); Alli, Henderson, Rooney; Walcott (Rashford 68′), Sturridge (Vardy 74′), Lingard.

Malta: Hogg; Borg, Zach Muscat, Agius, Camilleri, Alex Muscat; Kristensen, Sciberras, Fenech; Schembri (Rowen Muscat 86′), Effiong (Mifsud 76′)