Owi/Butet (seragam merah/hitam) dan Praveen/Debby (seragam putih) usai menerima piala dan medali.

Owi/Butet (seragam merah/hitam) dan Praveen/Debby (seragam putih) usai menerima piala dan medali.

HONGKONG, HS – Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Owi/Butet) berhasil menyabet gelar juara dalam turnamen Hong Kong Open 2016.

Gelar tersebut diraih Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir setelah menekuk duet Praveen Jordan/Debby Susanto yang juga berasal dari Indonesia dua set langsung dengan skor 21-19, 21-17 di Coliseum, Minggu (27/11).

Kemenangan ini tak mengejutkan karena ini Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir selalu menang setiap kali menghadapi Praveen Jordan/Debby Susanto dalam empat pertemuan.

Namun ini bukan kemenangan yang mudah. Pada awal gim, misalnya, Praveen Jordan/Debby Susanto memberikan perlawanan sengit. Kedua pasangan sempat saling salip pada tiga poin pertama.

Namun permainan agresif Tontowi/Liliyana membuat mereka mampu memimpin skor 11-5. Sempat kendur sesaat, Praveen/Debby kembali bangkit dengan menyamakan skor menjadi 19-19.

Namun keberuntungan belum berpihak pada Praveen Jordan/Debby Susanto. Sebab Tontowi/Liliyana menutup babak pertama dengan skor 21-19 untuk kemenangan mereka.

Duet ketat dan sengit kembali terjad pada gim kedua. Kedua pasangan, misalnya, sempat mencetak skor 4-4 dan 7-7. Bahkan Praveen/Debby sempat unggul 9-7.

Owi/Butet berhasil mengejar skor menjadi 10-10. Situasi semakin menegangkan ketika kedua pasangan sama-sama mencetak skor 13-13.

Namun setelah itu laju Tontowi/Liliyana tak lagi terkejar. Mereka menutup laga kedua dengan skor 21-17.

Final ini merupakan pertemuan ketiga antara Tontowi/Liliyana dan Jordan/Debby yang semuanya dimenangkan oleh Owi/Butet

Rekor pertemuan keduanya di turnamen tercatat 3-0, untuk kemenangan Tontowi/Liliyana. Terakhir di Olimpiade Rio 2016 lalu, Owi/Butet menang 21-16 dan 21-11.

“Rasanya luar biasa. Setelah meraih medali emas Olimpiade, mungkin orang berpikir kami sudah santai dan tak lagi pikirkan prestasi. Tapi kami buktikan di China Open Super Series Premier dan di sini lanjut lagi menang di Super Series,” kata Butet.

Sementara, rekannya, Owi menyatakan puas dan berharap ke depan terus dapat berprestasi.”Kami cukup puas dan sangat bersyukur. Permainan kami sama-sama maksimal hari ini,” ujar Owi. (AND)