Sekda Kota Palembang melantik Komisioner KPID

Harobin Mastofa, Sekda Kota Palembang melantik Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah

PALEMBANG,HS – Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mastofa mengharapkan pengurus baru Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) bekerja sama dengan semua pihak dan memberdayakan anak.

“Kami akan memfasilitasi dengan memberikan anggaran untuk mereka dalam menjalani kegiatan dan program kerja mereka,” ujar Harobin, usai melantik lima pengurus KPAID Palembang periode 2016-2021, Kamis (13/10), di ruang rapat Parameswara Setda Kota Palembang.

Kelima komisioner tersebut, RM. Romadani, S.TH. I, Ahmad Romi Afriansyah, S.Ag, M. Syukri, S.Ag. SH., MH, Juman Asri, S.Pd, dan Ir. Hj. Widayatsih, M.Si. M. Syukri S.Ag, salah satu komisioner, mengatakan, setelah pelantikan ini, pihaknya akan menyosialisasikan KPAID ke masyarakat.

“Masyarakat kurang mengetahui apa itu KPAID. Bahkan, pekerja di pemerintahan saja masih belum tahu. Masih banyak yang menyamakan KPAID dengan KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah),” katanya saat diwawancarai setelah pengukuhan.

Disinggung soal kekerasan seksual terhadap anak, Syukri mengatakan akan memberikan pengarahan kepada orang tua anak.

“Bisa jadi pemicu terjadinya kasus tersebut adalah tontonan anak yang salah. Maka dari itu, kami akan mendatangi masyarakat per kecamatan untuk memberikan arahan kepada orang tua tentang pentingnya pendidikan anak,” kata Syukri.

Ia menambahkan, KPAID Palembang juga akan bekerja sama dengan institusi terkait, seperti Kepolisian, Kejaksaan, dan Tempat Pengasuhan dan Pendidikan Anak.

Komisioner lainnya, RM. Romadani, menambahkan, visi misi pihaknya adalah menjadikan kota Palembang sebagai Kota Layak Anak.

“Visi misi kami simple. Namun untuk mewujudkan visi misi tersebut langkah awalnya, melakukan sosialisasi dulu,” ujar Romadani. (UDI)