PALI, HS – Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah hukumnya, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Talang Ubi menggelar kampanye Karhutla dengan melakukan touring ke kebun-kebun dan hutan di wilayah kecamatan Talang Ubi.

Kampanye Karhutla tersebut atas dukungan dari PT Musi Hutan Persada (MHP), salah satu perusahaan kehutanan yang ada di Kabupaten PALI.

Tidak hanya touring dan menempelkan spanduk serta selebaran, dengan menggunakan puluhan sepeda motor cross, para jajaran polsek Talang Ubi dan sejumlah karyawan PT MHP dalam kesempatan itu juga memberikan penyuluhan kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Kapolsek Talang Ubi, Kompol Victor E Tondaes melalui Kanit Reskrim, Ipda Rusli SH mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah upaya menekan angka kebakaran hutan dan lahan yang biasa terjadi ketika musim kemarau.

“Kita bersama pihak perusahaan MHP berkampanye keliling dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang ada di dusun atau talang-talang bahkan sampai ke dalam hutan agar jangan membakar lahannya apabila akan membuka kebun. Karena kita takutkan kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah kita,” terang Rusli kepada sejumlah media, Kamis (1/9).

Ditegaskannya bahwa jajaran Polsek Talang Ubi akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan atau lahan.

“Kita sudah sosialisasikan dengan berbagai cara agar dilarang membakar hutan atau lahan, tapi kalau masih ada masyarakat yang masih tidak mengindahkan himbauan ini,jangan salahkan kami apabila kami bertindak tegas,” tandasnya.

Sementara itu, pihak PT MHP melalui Fire External Communication Head, Aliong Bararata Sakti didampingi Legal Unit 6, Obi, mengatakan pihaknya sengaja melakukan sosialisasi serta kampanye karhutla sebagai program perusahaannya.

“Kita rangkul semua pihak termasuk kepolisian, dan hari ini merupakan hari ketiga kamapanye karhutla bersama Kepolisian Talang Ubi untuk menekan timbulnya kebakaran lahan,” ucapnya.

Aliong juga menghimbau kepada masyarakat maupun karyawan PT MHP agar jangan menyalakan api di tengah lahan.

“Himbauan pemerintah agar jangan membakar hutan,lahan dan rumput ilalang, itu kita dukung dan kita sosialisasikan dengan memasang papan peringatan di setiap penjuru jalan logging maupun kebun milik perusahaan dan milik masyarakat serta berkeliling melakukan penyuluhan agar jangan menyalakan api di tengah lahan,” jelasnya. (MAN)