UNSRI

OI, HS Sejumlah rangkaian kegiatan mewarnai peringatan Dies Natalis Universitas Sriwijaya (Unsri) yang ke 56, pada 2 November mendatang. Berbagai kegiatan tersebut diantaranya lomba futsal memperebutkan Rektor Cup. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memperkuat ukhuwah demi terwujudnya cita-cita Unsri menuju kampus modern.

Rektor Unsri, Anis Saggaff, di Indralaya, Ogan Ilir (OI), Kamis (1/9), menjelaskan sebelumnya Rector Cup sempat vakum. Padahal, menurutnya, rektor cup merupakan ajang yang sangat baik untuk memperkuat silaturahmi.

“Tahun ini kami ingin menghidupkan kembali Rektor Cup dengan menggerakkan semua komponen yang ada di Unsri,” ungkapnya.

Menurut Anis, konsep yang diadopsi dalam Rektor Cup ini sebenarnya menekankan pada konsep berjamaah. Arti jamaah disini ialah membangun kampus ini secara bersama-sama, mulai dari mahasiswa, dosen, karyawan hingga pimpinan Unsri.

“Ya, kami ingin membangun kampus ini secara bersama-sama dengan mengajak seluruh komponen untuk bergerak. Pada akhirnya tujuan yang hendak diambil ialah kebarokahan kampus,” jelas Anis.

Khusus kegiatan Rektor Cup melalui perlombaan futsal ini dibagi menjadi tiga kelompok yakni antar mahasiswa, karyawan dan dosen. Final lomba futsal ini akan dilangsungkan di Palembang selama dua hari sebelum pelaksanaan Dies Natalis.

Sementara itu, Sekretaris Rektor Cup sekaligus Kabag Barang Milik Negara Unsri, Inayati Mandayuni didampingi Pembina Kegiatan, Yaris Bahri dan M Anggi menambahkan, Rektor Cup, Selasar Sriwijaya maupun Sriwijaya Games merupakan bagian dari rangkauan Dies Natalis ke-56 yang akan dilaksanakan pada 2 November mendatang.

Nanti akan ada rapat senat terbuka. Ada beberapa kegiatan menyambut Dies Natalis antara lain Rektor Cup dengan melaksanakan perlombaan futsal. Begitu pun dalam Selasar Sriwijaya dan Sriwijaya Games akan memperlombakan basket, voli, tenis meja, tenis lapangan, badminton serta catur yang diikuti mahasiswa per fakultas dan dilaksanakan 5-9 September nanti,” jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya juga melangsungkan Sriwijaya Leadership Forum yang dilaksanakan pada 28-31 Oktober di Unsri Bukit, Palembang. SLF merupakan pelatihan kepemimpinan yang diikuti mahasiswa seluruh universitas di Indonesia.

Sedangkan Businees Plan Competition akan dilaksanakan pada 28-31 Oktober yang diikuti mahasiswa seluruh universitas di Indonesia dengan mempresentasikan inovasi produk andalan masing-masing.

“Kami juga mengadakan Sriwijaya Sains Debate atau debat ilmiah dan terakhir pesta rakyat atau festival seni musik. Pada tahap awal ini dilakukan aksi pawai diikuti seluruh fakultas di Unsri,” katanya. (EL)