Kapal pengangkut semen, MV Divine Succes di Pelabuhan 1 Dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kapal pengangkut semen, MV Divine Succes di Pelabuhan 1 Dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

JAKARTA, HS –  Peristiwa kebakaran Kapal MV Divine Succes  terjadi di Pelabuhan 1 Dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/9) sekitar pukul 18.10 WIB,

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok, AKP Victor Inkiriwang mengatakan, dari hasil pemeriksaan saksi-saksi sementara, diketahui kapal itu terbakar tak lama saat bersandar di dermaga 115. Saat itu anak buah kapal (ABK) tengah melakukan bongkar muat semen curah di kapal tersebut.

“Kapal diketahui tengah bersandar di dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok. Saat itu para ABK tengah melakukan bongkar muat semen curah dari daerah Baya Kabupaten Sukabumi,” kata AKP Victor.

AKP Victor mengungkapkan, saat tengah bongkar muat ada seorang ABK yang secara tak sengaja melihat asap muncul dari ruang mesin kapal. Kejadian itu pun langsung dilaporkan kepada petugas jaga di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sekitar pukul 18.02 WIB, salah satu ABK kapal yang sedang tugas jaga melihat asap keluar dari ruang mesin kapal. Langsung dilaporkan ke PFSO atau petugas keamanan setempat dan lanjut dilaporkan ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Syah Bandar, dan Otoritas Pelabuhan,” tambah AKP Victor.

Beruntung para ABK langsung mengevakuasi diri ke tempat yang aman. Menurut AKP Victor, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Ada 5 unit pemadam kebakaran dari pelabuhan, 3 unit dari Damkar Jakarta Utara, dan dua tugboat pun langsung membantu proses pemadaman. (MIM)