Kapolres Muaraenim, AKBP Hendra Gunawan memimpin kerja bakti.

MUARAENIM, HS – Kapolres Muaraenim, AKBP Hendra Gunawan bersama Tripika Kecamatan Semendo Darat Laut, jajaran Polsek Koramil, dibantu masyarakat dari tiga desa yang ada di Kecamatan Semendo Darat Laut melakukan bakti sosial di lokasi jalan longsor Desa Karya Nyata, Kecamatan Semendo Darat Laut, yang dimulai sejak Minggu (26/2)‬.

Camat Semendo Darat Laut, M Fauzi SSos, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Muaraenim dan jajarannya yang telah memberikan perhatian yang serius menyangkut kepentingan masyarakat yang terdampak longsor.‬

‪Dikatakan Fauzi, bahwa longsor jalan yang terbilang besar ini terdapat di dua titik, yaitu di dekat Gedung ADC Desa Karya Nyata dan satunya di Talang Gudang, Desa Pulau Panggung.

Menurut Fauzi, kejadian ini sudah dilaporkan ke Bupati Muaraenim dan Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel. Pihak terkait sudah turun ke lapangan dan memberikan solusi jalan alternatif.‬

“‪Kita berharap dalam waktu dekat segera dilakukan perbaikan dan pengerasan,” tegas Camat Semendo Darat Laut.‬

‪Kapolres Muaraenim, AKPB Hendra Gunawan SIK MSi, mengatakan upaya turun ke lapangan guna melihat dari dekat kejadian musibah jalan longsor di SDL ini merupakan dorongan kuat dari rekan media di bawah koordinasi dengan Komunitas Jurnalis Muaraenim yang dikaitkan dengan Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2017.

‪Rencananya sudah kami jadwalkan pekan kemarin namun dikarenakan adanya kesibukan maka baru hari  ini kita laksanakan bhakti sosial ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang sangat antusias dan kami sangat sadar bahwa gerakan ini  hanya besar gaungnya, tapi action nya hanya sedikit.‬ Namun hal ini bukanlah tolok ukur dari kegiatan, karena jauh lebih penting lagi adalah keseriusan kita dan masyarakat membantu akses perbaikan jalan yang sangat urgen bagi masyarakat,” jelas Kapolres.‬

‪”Kita sama sama menginginkan agar pihak terkait melalui kegiatan ini dapat lebih mempercepat proses perbaikan jalan,” imbuh Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Muaraenim memberikan bantuan kepada anak anak panti dan pengurus Pondok Pesantren Darul Ulum Semendo.

‪Sementara Ketua Komunitas Jurnalis Muaraenim (KJM), Hijazi, mengakui bahwa tujuan baksos ini adalah agar pihak berwenang seperti Dinad PU Bina Marga provinsi Sumsel lebih responsif dalam menyikapi bencana ini, sehinggga arus ekonomi masyarakat todak tersendat.

‪”Semendo adalah daerah agropolitan, jika segala hasil bumi tidak dapat dikeluarkan atau tersendat sebagai akibat jalan longsor, masyarakat akan sangat dirugikan,” jelasnya.

‪”Semoga pihak terkait segera merespon dan lebih  tanggap tanggap dibanding tahun sebelumnya,” pungkasnya. (EDW)