Foto : Ist

PALEMBANG,HS – 26 Provinsi di Indonesia, bakal meramaikan Gubernur Sumsel, Kejurnas bulutangkis 2019 yang bakal diadakan di GOR Dempo dan GOR Dempo dan GOR Ranau Jakabaring Sport City(JSC) Palembang, pada 24-28 November 2019 mendatang.

“Jumlah peserta per update tanggal 19 November kamarin itu tercatat 501 atlet dari 26 provinsi. Kita harapkan ini sudah close,” ujar Sekum PBSI Sumsel Erwinsya ST, Kamis (21/11/2019).

Adapun nomor yang dipertandingkan Kejurnas PBSI 2019 di GOR Dempo (Divisi 1) dan GOR Ranau (Divisi 2), pada 24-28 November

Taruna putra putri :
1. Tunggal Putra
2. Tunggal Putri
3. Ganda Putra
4. Ganda Putri
5. Ganda Campuran

Dewasa putra putri :
1. Tunggal Putra
2. Tunggal Putri
3. Ganda Putra
4. Ganda Putri
5. Ganda Campuran

Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM dijadwalkan bakal menjamu para peserta kontingen dan tamu undangan dalam acara welcome dinner sekaligus pembukaan Kejurnas di Griya Agung, Sabtu (23/11/2019) malam.

Pertandingan Kejurnas sendiri akan dimulai Minggu (24/11/2019) pagi di GOR Dempo (Divisi 1) dan GOR Ranau (Divisi 2).

“Dijadwalkan setelah menyelesaikan pertandingan hari pertama. Malamnya digelar pertandingan ekshibisi Gubernur Sumsel Kejurnas PBSI 2019 di GOR Dempo dan GOR Ranau JSC penampilan pemain top, Jonatan Christie berhadapan dengan Anthony Sinisuka Ginting,” kata Erwinsya.

Kemudian usai final pada penutupan tanggal 28 November 2019 malam barulah akan ada penampilan pebulutangkis ganda terbaik dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Final Kejurnas sendiri dijadwalkan untuk Taruna pukul 09.00. Sedangkan final nomor dewasa pukul 13.00.

“Selain itu juga akan dilakukan biding lelang pertandingan main 3 orang lawan 3 orang. Akan ada ganda campuran Alan Budikusuma/Susy Susanti. Di ganda campuran lainnya ada Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir. Nantinya pemenang lelang diberikan untuk atlet yang jadi pasangan tadi. Formatnya nanti seperti orang main pimpong. Pada malam itu juga dilakukan pembagian hadiah para pemenang Kejurnas,” jelas Erwinsya.

Para pecinta bulutangkis yang ingin menyaksikan pertandingan secara langsung, dapat hadir ke GOR Dempo Jakabaring dan GOR Ranau Jakabaring, Palembang. Baik pertandingan di divisi satu maupun divisi dua dapat ditonton secara gratis, tanpa tiket masuk.

Mohammad Ahsan sendiri kelahiran Palembang, 9 Juli1987 salah satu pemain bulutangkis Ganda Putra Indonesia yang berpasangan dengan Hendra Setiawan.

Terakhir mereka ini hadir pada pertandingan Badminton Eksibisi Kapolda Sumsel bertempat di GOR Dempo Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Minggu (4/10/2011) lalu.

Terpilihnya Palembang sebagai lokasi penyelenggaraan tak lain karena kota tersebut memiliki fasilitas gedung olahraga yang representatif untuk penyelenggaraan turnamen bulutangkis. Selain itu, tingginya antusias pecinta bulutangkis juga menjadi salah satu pertimbangan Palembang menjadi tuan rumah.

“Sumatera Selatan dan Palembang termasuk daerah yang baik perkembangan bulutangkisnya, dan di Palembang sudah tersedia Gedung Bulutangkis yang cukup representatif, serta animo penonton yang baik,” ungkap Achmad Budiharto, Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas PBSI 2019 melalui rilis yang diterima Sipoku.com lalu.

Setiap tahunnya, Kejurnas secara berseling mempertandingkan nomor perorangan dan beregu. Tahun ini Kejurnas PBSI akan mempertandingkan nomor perorangan dan dibagi ke dalam dua divisi, yaitu divisi satu dan divisi dua. Setiap divisi kemudian akan dibagi menjadi dua kelompok usia, taruna dan dewasa.

Tahun lalu, Kejurnas PBSI 2018 mempertandingkan nomor beregu, di Britama Arena, Mahaka Square Kelapa Gading. Klub Jaya Raya Jakarta saat itu keluar sebagai juara divisi satu kelompok dewasa.

Nantinya hasil akhir pertandingan Gubernur Sumsel Kejurnas PBSI 2019 akan menjadi salah satu penentu penilaian promosi-degradasi Pelatnas PBSI 2020. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, Susi Susanti berharap para atlet bisa maksimal dalam turnamen ini. Susi juga mengatakan bahwa Gubernur Sumsel Kejurnas PBSI 2019 menjadi sarana pemantauan bibit-bibit bulutangkis potensial dari berbagai wilayah.

“Memang Kejurnas ini akan menjadi salah satu penilaian promosi degradasi di Pelatnas PBSI. Untuk para juara juga nantinya akan mendapat kesempatan magang di Pelatnas. Mereka akan kami pantau untuk kemudian ditentukan bisa lanjut menjadi bagian tim nasional atau belum,” kata Susi.

Selain itu turnamen ini juga menjadi sarana yang dibuat memantau perkembangan atlet nasional dari berbagai daerah. Mungkin selama ini ada yang terlewat dari penilaian.

“Nah di Kejurnas ini menjadi sarana pembuktian mereka,” katanta (Net)

Jadwal ekshibisi para atlet dan legenda bulutangkis kebanggaan Indonesia:

24 November 2019 :
Jonatan Christie vs Anthony Sinisuka Ginting
Waktu: setelah selesai pertandingan

28 November 2019:
1) 3 lawan 3
Susy Susanti /Alan Budikusuma /… vs Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir/… (pemenang lelang tertinggi)

2. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Nomor pertandingan Kejurnas PBSI 2019 di GOR Dempo dan GOR Ranau JSC, pada 24-28 November

Taruna putra putri :
1. Tunggal Putra
2. Tunggal Putri
3. Ganda Putra
4. Ganda Putri
5. Ganda Campuran

Dewasa putra putri :
1. Tunggal Putra
2. Tunggal Putri
3. Ganda Putra
4. Ganda Putri
5. Ganda Campuran