PALEMBANG,HS-Warga Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 21 Palembang harus berbangga sebab sekolah ini resmi ditunjuk sebagai satu-satunya sekolah percontohan kewirausahaan di Kota Palembang oleh Dirjen Pembinaan SMA Kemendikbud.

Kepala SMA Negeri 21 Palembang, Drs. Zulkarnain, mengatakan, dari penunjukan yang diberikan tersebut pihak sekolah akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 100 juta dari pemerintah untuk pengembangan berbagai kewirausahaan oleh siswa.

“Dari uang tersebut akan dipergunakan oleh siswa untuk berwirausaha. Siswa akan dibentuk dalam kelompok yang berisi 5-9 orang dan melakukan kegiatan wirausaha dan diberi modal sebesar RP 1 juta,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam kelompok tersebut. Sisa dibebaskan untuk berwirausaha mulai dari usaha kuliner, kerajinan, budidaya danain sebagainya. Dan uang yang dihasilkan oleh kelompok tersebut diberikan kepada siswa di kelompok yang bersangkutan untuk pengembangan usaha lebih maju lagi.

“Target kita wirausaha siswa ini akan berhasil. Sehingga pada tahun depan kita juga akan mendapatkan bantuan lebih besar lagi yakni Rp 200 juta,” terangnya.

Zulkarnain menjelaskan, penunjukkan sekolah sebagai percontohan kewirausahaan tersebut tidaklah mudah membalik telapak tangan, semua harus melalui penilaian oleh tim asesor dari pihak Kemendikbud. Setelah memenuhi standar yang ditetapkan Kemendikuc, barulah SMA Negeri 21 Palembang diresmikan sebagai sekolah percontohan kewirausahaan di Kota Palembang.

“Salah dari syaratnya adalah sekolah yang bersangkutan adalah harus memiliki alumni dalam jumlah besar tidak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dan alumni kita mencapai 50% tidak melanjutkan ke perguruan tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMA Negeri 21 Palembang, Muhammad Aziz menyambut baik dinobatkannya sekolah tersebut sebagai sekolah percontohan kewirausahaan di Kota Palenbang.

“Berharap bisa memilih ilmu dalam bidang wirausaha, jadi tidak perlu capek-capek lagi cari kerja setelah tamat sekolah ataupun saat tidak punya uang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan ilmu kewirausahaan yang kita miliki waktu dibangku sekolah akan menjadi modal dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” ucapnya (HSN)