unnamedPALEMBANG,HS – Banyak cara untuk menghargai jasa pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, Sekolah Dasar (SD) Negeri 230 Palembang menggelar pengetahuan mengenai nama-nama pahlawan di Indonesia. Pasalnya masih banyak para pelajar saat ini belum mengetahui nama-nama dari pahlawan di Indonesia.

Guru kelas 3 A Nuziarti mengatakan, meski di dalam tanggal 10 November bukan hari tanggal merah, namun dalam memperingati hari 10 November 1945 lebih tepatnya hari Pahlawan. “Kita sebagai tenaga pendidikan di SDN 230 Palembang setiap tahunnya mengelar pengetahuan kepada siswa disini mengenai nama-nama pahlawan,” katanya, kemarin

Makanya itu pada 10 November ini seluruh rakyat indonesia telah memperingati sebagai Hari Pahlawan. “Sebelumnya yang kita ketahui tahun lalu, pada tanggal yang sama pertempuran yang telah terjadi antara tentara Indonesia dengan Inggris yang telah membawa perlengkapan perang lengkap dengan sebuah pesawat,” jelasnya.

Sebagai guru pendidikan, dirinya berkewajiban memberikan info pengetahuan mengenai asal usul peringatan 10 November tersebut kepada siswa/i nya. Munculnya Hari Pahlawan adalah berasal dari hasil deklarasi kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Makna dari Hari Pahlawan ini adalah walau kita tidak harus mengangkat senjata untuk mempertahankan negara Indonesia, kita harus tetap menghargai jasa-jasa pahlawan dan juga tetap melanjutkan misi dari pahlawan Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SDN 230/Palembang Nuraini, S.Pd.MM mengatakan, hari Pahlawan ini untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah memberikan jasanya kepada Indonesia, dan kita harus meneruskan misinya dengan cara membangun Indonesia untuk lebih baik lagi dalam segala bidang.

“Hikmah dari Hari Pahlawan ini adalah supaya menjadi pelajaran seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap berjuang tanpa adanya rasa takut,” paparnya.

Dengan diberikan pengetahuan nama-nama pahlawan di Indonesia. “Tentunya, kita ingin mereka para pelajar ini bisa mengenal pejuangan pahlawan saat ini, supaya kedepan ketika di tanya siapa pahlawan pastinya mereka akan tahu,” pungkasnya (Hsn).