Sosialiasi dapodikdasmen 2017 kepada ratusan kepala sekolah SD dan SMP di gedung serbaguna SMK N 3

PALEMBANG,HS –Menjadi hal yang wajib dan Penting bagi setiap sekolah dalam pengisian data pokok pendidikan (dapodik) yang lengkap .

Ini disebabkan adanya sedikit kesalahan pengisian data dapat berujung tidak dikeluarkannya bantuan operasional sekolah (BOS) bagi sekolah hingga dicabutnya sertifikasi bagi guru,

”hal tersebut diungkap oleh Kadisdik Kota Palembang, H.Ahmad Zulinto, S.Pd.MM dalam pemberian sosialiasi dapodikdasmen 2017 kepada ratusan kepala sekolah SD dan SMP digedung serbaguna SMK N 3 , Selasa (21/2) ,
Menurutnya, jika sekolah diminta untuk tidak salah dalam melakukan pengisian data. Semua yang didata harus tersampaikan dengan tepat kepusat tanpa ada kesalahan sedikitpun.

“ Jangan sekolah mengirim data yang tidak valid. Sebab ini bisa dinilai merekayasa data, mengingat penggunan data menyangkut pada uang negara sehingga harus disampaikan dengan benar,” ungkapnya.
Lanjut Zulinto, pengisisan dapodik di sekolah meliputi data guru, siswa, sarana dan prasarana harus terdata dengan lengkap dan harus disampaikan semuanya. Zulinto mencontohkan, apabila ada 450 siswa di dalam sekolah maka harus dilaporkan semua jangan hanya setengahnya begitu juga dengna jumlah guru harus valid.

“ Penggunan dana bos juga sama, kepala sekolah harus menyampaikan dengan tepat. Oleh karena itu semua data harus terus diperbarui tiap bulannya agar tidak terjadi kesalahan,” ungkapnya.
Sampai saat ini, Zulinto mengaku kendala dalam pengisian dapodik lebih kepada kurangnya ketelitian yang dilakukan pihak sekolah. Kurang singkronnya antara data yang punya secara manual dengan data di dapodik menjadi permasalahan yang sering ditemui di sekolah.

“ Guna mengatasi hal ini, kami telah meminta kepada pihak Inspektorat untuk memberikan bimbingan langsung kesekolah, sesuai dengan komponen yang ada. Sehinga kedepan, tidak akan ada lagi kesalahan yang terjadi,” ucapnya.
Maka dari itu, Zulinto meminta semua kepala sekolah harus jeli terhadap tingkat ketelitian pengisian dapodik. Antara kepala sekolah dan operator harus benar-benar teliti mengisi setiap data yang akan dikirim kepusat.

“ Jika kedepan masih salah itu keterlaluan, sebab ini pekerjaan tidak terlalu berat. Sehingga bila terjadi lagi, terima resiko bila dana BOS ataupun Sertifikasi gurunya bisa hilang,sebab pengisian dapodik memiliki peranan penting dalam hal keluarnya dana bantuan,” tandasnya
Sementara itu, Kepala SDN 30 Palembang, Nuraini mengatakan, pada dasarnya pengisian data dapodik tidaklah sulit dan kemungkinan salah akan sangat kecil. Dicontohkannya, di sekolahnya saja semua data sudah disusun dengan rapi secara manual dan tinggal dimasukkan saja di program data dapodik 2017.
“Semuanya dimasukkan ke data dapodik baik SK tugas guru, SK mutasi guru, jam mengajar guru, kalau bagi siswa data mereka dan lain sebagainya. Kalau dikerjakan dengan baik maka satu Minggu semua sudah selesai, namun tergantung dengan jumlah data di sekolah tersebut jika lebih banyak maka akan lebih lama lagi,untuk pengisian dapodik di SDN 30 ia dan operator sekolah telah melaksanakannya dengan sangat teliti,” pungkasnya (HSN)