Kevin/Marcus juara All-England Open 2017.

BIRMINGHAM, HS – Prestasi fantastis ditorehkan oleh pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon pada even All England Open 2017. Tampil sebagai satu-satunya wakil Indonesia di partai final, Kevin/Marcus mampu menundukkan ganda putra China, Li Junhui/Liu Yuchen, dengan skor 21-19 dan 21-14, untuk tampil sebagai juara All-England.

Kemenangan yang diraih dalam tempo 36 menit di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris, Minggu (12/3) malam WIB, tersebut juga menjadi sarana balas dendam Kevin/Marcus yang sebelumnya dikalahkan Li/Liu pada turnamen Vietnam Open 2015. Saat itu, Kevin/Marcus kalah 21-15, 21-23, dan 18-21.

Menghadapi Li/Liu, Kevin/Marcus mengandalkan permainan cepat serta pukulan drive. Strategi ini tepat dipilih untuk menghadapi lawan yang memiliki postur lebih tinggi dan jangkauan lebih jauh. Sama strateginya ketika di babak semifinal, saat Kevin/Marcus mengalahkan pasangan Denmark, Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding.

Kevin memiliki tinggi 170 cm dan Gideon bahkan 165 cm, jauh lebih pendek dari lawannya. Liu Yuchen memiliki tinggi 192 cm, sedangkan Li Jinhui memiliki tinggi 195 cm. Namun kondisi ini tak menyurutkan mental mereka.

Sejak babak pertama dimulai, permainan Kevin/Marcus sangat merepotkan Li/Liu. Mereka selalu unggul dalam perolehan angka dan memimpin 11-9 di interval pertama.

Li/Liu sempat mengimbangi permainan Kevin/Marcus dengan permainan bola-bola panjang serta smes kerasnya. Unggulan keenam itu bahkan berbalik unggul 16-15. Tetapi, Kevin/Marcus kembali ke permainan terbaiknya, kembali memimpin dan menutup set pertama dengan kemenangan 21-19.

Kevin/Marcus sempat tertinggal 0-2 pada awal set kedua. Namun setelah skor 3-3, mereka secara konsisten memimpin perolehan angka dan unggul 11-6. Kevin/Marcus kian percaya diri dan serangannya kian tak terbendung. Di sisi lain, Li/Liu banyak melakukan kesalahan yang merugikan permainan mereka sendiri.

Marcus melakukan smes yang gagal dikembalikan oleh Liu. Pertandingan ditutup dengan skor 21-14. Kevin/Marcus dinyatakan sebagai juara ganda putra All England 2017. (MIM)