PALEMBANG,HS – Dalam sejarah perjuangan bangsa, Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhirnya berhasil mewujudkan suatu negara indonesia yang berdaulat.
Terkait hal itu, sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018, bertempat di lapangan Upacara Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Senin (29/10/2018).
Upacara  peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Teks Pancasila, mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan dan pembacaan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan doa.
Selain itu, dalam upacara tersebut juga dibacakan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong Java, Yong Sumatera, Pemuda Indonesia, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum, ketika membacakan sambutan tertulis Menpora Imam Nahrawi pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut menyampaikan bahwa Revolusi Mental yang dicanangkan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo sangat relevan sebagai pemicu untuk mempercepat dalam mewujudkan pemuda yang maju yang mempunyai ciri berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.
Adapun Tema yang diusung dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 kali ini adalah, “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut diikuti juga oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, para Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU serta para Dan / Kabalak jajaran Kodam II/Swj Garnizun Palembang.