PALEMBANG, HS – Ada yang menarik dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/07/2018). Tidak hanya bersama Menteri Kabinet Kerja, kehadiran Jokowi di hari kedua di Palembang juga didampingi Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

Secara kapasitas, Muhaimin sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Bumi Sriwijaya, yang ingin memastikan kesiapan penyelengara Asian Games 2018.

Namun kehadirannya justru kian menguatkan jika Jokowi bakal menggandeng Cak Imin sebagai Calon Wakil Presiden. “Untuk nama cawapres sudah ada di saku saya. Salah satunya pak Muhaimin,” ungkap Jokowi.

Meski menyebut nama Muhaimin ada di sakunya, namun Jokowi menolak jika keputusan sudah final. Menurut Jokowi, masih ada sejumlah pertimbangan sebelum menetapkan nama pendampingnya dalam menghadapi Pemilihan Presiden 2019.

“Di saku saya itu bukan cuma nama pak Muhaimin, tapi ada lima nama. Semuanya punya rekam jejak yang bagus,” kata Jokowi.

Terkait potensi menjadi cawapres, Muhaimin menyerahkan semua keputusan dengan Jokowi dan koalisi partai pengusung. Dia yakin, siapapun yang menjadi pendamping Jokowi dapat membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kebersamaan PKB tidak berubah bersama Jokowi. Kami tetap mendukung pemerintahan. Di periode kedua pak Jokowi saya yakin akan semakin membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyat. Mengangkut cawapres, kami optimis ada nama saya di saku pak Jokowi,” ujar Cak Imin.