OKI,HS – Dalam rangka pelaksanaan serbuan teritorial, ratusan personel Kodim 0403/OKU bersama dengan personel dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Induk dan masyarakat Kota Baturaja melaksanakan kegiatan karya bhakti peduli lingkungan atau Jumat bersih dengan melakukan pembersihan areal komplek Masjid As-Sholihin dan Pasar Lama Baturaja, Jumat (13/4/2018).

Kegiatan Karya Bhakti dalam rangka Serbuan Teritorial ini merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD, yang bertujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara sesama prajurit TNI dengan Pemda dan komponen masyarakat lainnya, sehingga diharapkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang selama ini terbina dengan baik akan bertambah lebih baik lagi. Selain itu, dengan kegiatan tersebut, juga untuk membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam kesempatan ini Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, S.Sos. melalui Kepala Staf Kodim Mayor Arm Aris Khaerudin, S.Ag. menyampaikan, bahwa kegiatan karya bhakti ini merupakan implementasi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa salah satu tugas TNI adalah melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). “Salah satu dari kegiatan OMSP adalah melaksanakan Karya Bhakti TNI yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0403/OKU, ini merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0403/OKU beserta jajarannya bekerjasama dengan Pemda OKU,” terang Kasdim.

Ia menambahkan, untuk  pelaksanaan Karya Bhakti TNI  dipadukan dengan program pembangunan Pemkab OKU Induk khususnya pembangunan di wilayah. “Penentuan prioritas sasaran Karya Bhakti TNI didasarkan atas koordinasi Kodim 0403/OKU dengan Pemkab OKU Induk dan instansi terkait. “pungkasnya”.

Dalam kegiatan karya bhakti Jumat bersih kali ini dihadiri oleh Bupati OKU Induk, Kasdim 0403/OKU beserta para Danramil jajaran, para Kadis Pemda OKU Induk dan perwakilan dari Satpol PP, SMA Taruna Baturaja serta masyarakat Kota Baturaja.