PALEMBANG,HS – Komandan Kodim 0406/Musirawas Letkol Inf Muhamad A’an Setiawan, S.Sos. dan Komandan Kodim 0418/PalembangLetkol Inf Honi Havana, M.MDS. memaparkan rencana pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di wilayah Kodim masing-masing, kepada Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono bertempat di Ruang Yudha Markas Korem Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Jumat (15/2/2019).

Sesuai rencana, kegiatan program TMMD ke-102 TA 2019 di wilayah Korem 044/Gapo akan dilaksanakan di dua tempat yaitu di wilayah Kodim 0418/Palembang yang akan dilaksanakan di wilayah Kampung Sungai Rengas dan Kampung Pulokerto KelurahanPulokerto, Kecamatan Gandus Kota Palembang, dengan jenis kegiatan meliputi perbaikan jalan sepanjang 2 KM beserta 2 unit gorong-gorong, pembuatan jembatan sepanjang 6 meter dan rehab Masjid 1 unit, pembuatan Pos Kamling 2 unit, pembuatan MCK 2 unit dan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 2 unit.

Sedangkan di tempat lainnya yaitu di wilayah Kodim 0406/Mura akan dilaksanakan di Desa Karya Makmur Kec. Nibung Kab. Musirawas dengan jenis kegiatan meliputi pembuatan jalan sepanjang 6,5 Km, pembuatan gorong-gorong 5 unit, pembuatan Pos Kamling 5 unit, bedah rumah tidak layak huni 1 unit, pembuatan MCK 1 unit dan pembuatan sumur bor 2 unit.

Dikedua tempat pelaksanaan TMMD ke-104 tersebut, selain melaksanakan kegiatan fisik, juga akan melaksanakan kegiatan non fisik, diantaranya penyuluhan/sosialisai tentang Bela Negara, Hukum, Narkoba, Bintal/Agama, Pertanian dan Kesehatan serta pelayanan kesehatan berupa pengobatan, donor darah dan khitanan massal serta kegiatan bhakti sosial lainnya.

Setelah menerima paparan dari kedua Dandim tersebut, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan program bhakti TNI dalam kegiatan Teritorial bersama Pemerintah Daerah untuk manunggal bersama-sama membantu kebutuhan infrastruktur masyarakat.

“Karena anggaran bersumber dari pemerintah daerah, peran serta Bupati maupun Walikota, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD), serta Dinas terkait sangat dibutuhkan, termasuk untuk selalu berkoordinasi antara Kodim dengan Pemkot/Pemkab, Pemprov Sumsel dan Kemendagri, karena langkah tersebut merupakan kunci kesuksesan pelaksanaan TMMD”, terang Danrem.

Sebelumnya, demi kesuksesan program TMMD ke-104 yang akan dilaksanakan tanggal 26 Februari sd. 27 Maret 2019 di wilayah Korem 044/Gapo ini, jajaran Kodim 0806/Mura dan Kodim 0418/Palembang telah melakukan peninjauan lokasi, baik rute jalan hingga lokasi pembangunan fisik lainnya, dan saat ini juga telah dilaksanakan kegiatan Pra TMMD.