unnamedPALEMBANG,HS– Kemajuan Teknologi Dan Peningkatan Aktivitas di dunia maya semakin pesat saja. Namun, keamanan masi kerap menjadi persolanan yang menghambat proses transaksi melalui media elektronik.

Karena hal ini lah yang membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) giat mendorong masyarakat agar memiliki tanda tangan digital.

Turut hadir dalam seminar tersebut Asisten ll pemprov sumsel kepala dinas perhubungan sumsel dan perwakilan dari kementerian komunikasi dan informatika RI di ballroom hotel horizon selasa (22/11)

Menurut perwakilan kementerian RI Hery abdul aziz Staf Ahli kementerian menyampaikan. Seminar ini tujuan untuk mengenalkan tanda tangan digital merupakan tanda dalam bentuk digital yang mana dalam tanda tangan digital ini ada data penguna, siapa penggunanya dan siapa yang mengeluarkannya yang dirangkum dalam tanda tangan digital. Serta mengamankan semua isi file kalau sudah di tanda tangan file tidak bisa berubah walaupun satu titik pun.

“untuk software yang ada bisa juga di gunakan tinggal mengajukan tanda tangan kepada Kementerian.”ujarnya

untuk permasalahan keamanannya file yang sudah di tanda tangan digital yang ditakutin akan mudah di dapat oleh hacker , karena dokumen yang telah di tanda tangan oleh penggunan dan pengeluaran surat digital,apakah nantinya tingkat keamanan file bisa terjamin. Menurutnya kalau setiap file yang sudah di tanda tangan digital tidak dapat di ubah.

“untuk keamanan nya sendiri sebenarnya sama seperti kartu kredit , kita harus menjaga pin kita agar keamanan tanda tangan digital ini harus kita jaga.”tegasnya.(MDN)