PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin menerima langsung kunjungan kerja Komisi VI DPR RI, di Graha Bina Praja. Komisi VI DPR RI kunjungi Sumatera Selatan dalam rangka melakukan pengawasan dan pengawalan program dari kebijakan pemerintah pusat terkait perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Sumatera Selatan. (27/02)

Rombongan Komisi VI DPR RI antara lain Ketua Tim Komisi VI DPR RI H. Inas Nasrullah Zubir, BE, SE, Darmadi Durianto, Adisatrya Suryo Sulisto, Bowo Sidik Pangarso, Fadhlullah, Khilmi, Sartono Hutomo, Wahyu Sanjaya SE, H. Nasril Bahar SE, H. Iskandar D. Syaichu, SE, Dwi Aroom Hadiyati, Gubernur Sumsel menyambut baik dan mengapresiasi penuh kedatangan rombongan Komisi VI DPR RI.

Alex Noerdin mengucapkan terimakasih atas kunjungan Komisi VI DPR RI, yang tak lain juga menjadi suatu kehormatan bagi masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), sebab Komisi VI DPR RI telah banyak berkontribusi memperjuangkan infrastruktur seperti tiga ruas jalan tol, satu jembatan musi, penambahan kapasitas bandara, underpass, fly over dan yang paling spektakuler Light Rail Transit (LRT) menjadi penunjang Asian Games mendatang.

Sehubungan dengan kunjungan kerja (kunker) Komisi VI DPR RI, Gubernur memaparkan keunggulan Sumsel antara lain, dari segi sumber daya alamnya (SDA) Sumsel sangat luar biasa, sudah banyak yang tahu bahkan sudah diakui 18,45% batubara Indonesia ada di Sumsel, Gas alam Sumsel juga menerangi Singapura, Jawa dan Bali. 40 % panas bumi di dunia ada di Indonesia 70% panas bumi di Indonesia 40%nya berasal dari Sumsel. Tak hanya itu saja sumber daya pertanian di Sumsel tahun 2016 surplus beras 2.5 juta ton, sedangkan untuk target 2017 2,7 juta ton. Ditambah lagi karet nomor satu di Indonsesia, Kelapa sawit nomor tiga di Indonesia.

“Jadi luar biasa Sumsel, jadi kalau dikaitkan dengan Asian Games kami di Daerah Sumsel ini persiapannya jauh lebih siap dari Jakarta dengan modal Jakabaring Sport City kota olahraga berstandar internasional,”terangnya

Alex juga mengatakan, ada salah satu lagi yang tak luput dari perhatian Komisi VI DPR RI yaitu, jalan di sepanjang lintas timur Sumatera termasuk di ruas Sumatera Selatan rusak parah, tidak hanya kubangan kecil tetapi sudah lubang besar, jadi mohon bantuan Komisi VI segera menyelesaikan permasalahan di provinsi Sumatera yang dilalui oleh lintas timur Sumatera terutama yang masuk di Sumsel,  Sebab jalan merupakan urat nadi masyarakat dalam menunjang kehidupan.

” Mohon bantuan Komisi VI DPR RI kepada PU Bina Marga untuk segera menyelesaikan jalan nasional yang rusak di timur lintas sumatera, untuk di Sumsel sekitar 120 km semuanya rusak berat,” harapnya

Sementara H. Inas Nasrullah Zubir mengatakan, akan menindaklanjuti jalan lintas timur Sumatera, apalagai jalan-jalan nasional itu sesuai peruntukanya sebagai urad nadi masyarakat dan juga untuk penguatan Asian Games. Infrastruktur yang rusak itu juga sangat berpengaruh terhadap perekonomian, oleh karena itu hal ini akan disampaikan ke pemerintah pusat untuk segera ditindak lanjuti.

“Saya akan sampaikan kepada fraksi saya saat rapat nanti, untuk segera ditindaklanjuti karena dampaknya menyeluruh dari mulai hasil bumi serta masyarakat yang melintas,” tegasnya saat diwawancarai wartawan

Adapun pada kunker kali ini Komisi VI DPR RI diberikan kesempatan untuk memberi pertanyaan ataupun memberikan saran kepada Gubernur Sumsel terkait pembangunan serta perkembangan Sumsel.(Rilis Humas Pemprov)