img-20160921-wa0001

Siswa siswi SMAN 10 Palembang saat mengikuti seminar Pemberantasan, Penyalagunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika ( P4GN) yang di adakan Badan Narkotika Kota (BNK) Palembang di gedung AEKI Jalan Diponogoro, Rabu(21/09).

PALEMBANG,HS – Demi mewujudkan Siswa yang berprestasi dan jauh dari penyalahguanaan narkoba, SMA  N 10 Palembang mengirimkan siswa-siswinya untuk mengikuti seminar Pemberantasan, Penyalagunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika ( P4GN) yang bertema “Selamatkan keluarga dari narkoba dan wujudkan Palembang EMAS bebas narkoba”, yang di adakan Badan Narkotika Kota (BNK) Palembang di gedung AEKI Jalan Diponogoro,  Rabu(21/09).

Seminar yang berlangsung satu  hari dengan narasumber Brigjen.Pol. Dr. Victor Pudjiadi, SPB,FICS,DFM dari BNN pusat jakarta ini di hadiri oleh siswa-siswi sekolah-sekolah pilihan dan mahasiswa dari perwakilan beberapa universitas yang ada di kota Palembang, adapun tujuan di adakan seminar ini sebagai salah satu upaya BNK Palembang yang berkerjasama dengan Badan Narkotika Nasional untuk mencegah dan memberi kesadaran kepada para pelajar di kota Palembang mengenai dampak buruk akibat dari narkoba.

Kepala SMA N 10 kota Palembang, Fir Azwar saat di tanya pendapatnya mengenai seminar ini mengatakan, “SMA N 10 Palembang mempunyai komitmen yang tinggi dalam melawan narkoba bahkan SMA N 10 mempunyai organisasi sendiri dalam melawan penyalahgunaan narkoba yaitu Gerakan Siswa Anti Narkoba (GESAN) dan PIK- R yang mana Organisasi ini dirikan agar siswa-siswi  ikut berperan dalam melawan Penyalahgunaan narkoba  baik untuk diri sendiri maupun sekolah dan orang yang ada disekitanya,” kata Fir Azwar usai seminar .

Fir Azwar juga mengatakan , SMA N 10 Palembang juga pernah melakukan gerakan Seribu tanda tangan melawan narkoba yang mendapat respon yang sangat baik dari seluruh siswa, dan juga kami selalu mengirim perwakilan untuk ikut seminar ataupun penyuluhan-penyuluhan yang diadakan pemerintah maupun pihak terkait.

Selain itu SMA N 10 juga melakukan razia  secara berkala setiap hari Senin baik selesai upacara maupun di kelas, apabila terdapat siswa yang membawah narkoba  maka akan ditindak tegas oleh pihak sekolah.

“Bila Siswa  di beri pelatihan  dan pendidikan mengenai  narkoba , jadi mereka tahu bagaimana bahaya dan rugi nya orang ynag mengunakan narkoba, kita akan ciptakan siswa-siswi bebas narkoba , karena kita tahu  efek dampak negatif penyalahgunaan narkotika bagi kesehatan tubuh manusia penggunanya adalah tidaklah sedikit. Pengaruh buruk negatif narkoba terhadap kesehatan penggunanya juga tidaklah bisa dianggap sepele oleh kita semuanya. Untuk itu penting untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar,”ujar FirAzwar.

Tambahnya,”kita berharap supaya seluruh pelajar baik kota Palembang  maupun luar Palembang tidak  terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika yang sangat merugikan ini karena mereka adalah penerus bangsa ini kalau para pelajar negeri kita mengunakan narkoba apa jadinya negeri ini kedepan ,”pukasnya.(UDI)