PALEMBANG,HS – Kementerian Perhubungan Melalui PT KAI, Dishub Sumsel dan Kontraktor LRT PT Waskita Karya menyetujui lima konsep tangga untuk digunakan LRT,

Kepala Bidang Perkeretaapian Dinas Perhubungan Sumsel, Afrian Jhon mengatakan, tangga untuk LRT awalnya memang masih belum fix dan berubah-ubah. Namun saat ini sudah memasuki desain akhir untuk tangga di LRT sepanjang 22,5 km tersebut.

“Sudah dirapatkan dan sudah ada desain akhir,” katanya Senin (24/7/2017),

Menurut Afrian, awalnya tangga LRT ini menggunakan Ramp, namun setelah dikaji dilapangan, untuk Ramp harus menggunakan lahan yang cukup panjang. Tapi ketika diaplikasikan di lapangan ternyata terkendala pada lahan. Terutama pada lahan milki warga.

“Kalau untuk lahan milik pemerintah tidak ada masalah, tapi kalau lahan warga perlu waktu untuk pembebasan,” ungkapnya.

Makanya, lanjut Afrian, beberapa titik yang tidak berada di lahan pemerintah dan area yang sempit dilakukan kajian. Disepakati, dari 13 stasiun tersebut menggunakan lima jenis tangga untuk turun naik penumpang yakni Ramp, tangga biasa, travelator, lift dan eskalator. Ia mencontohkan, ada stasiun yang menggunakan tanggan dan juga lift. Lalu, eskalator dan Ramp.

Sedangkan untuk titik di pusat perbelanjaan (mall) menggunakan eskalator, lift dan juga Ramp. Kemudian, ada juga yang menggunakan sky bridge yakni di bandara, RSUD Provinsi, Palembang Icon Mall, Pasar Cinde dan stasiun Jakabaring dan (Depo) OPI Mall.

“Nah, untuk titik tadi dipastikan ada sky bridge dan sudah mendapatkan izin,’

Masih kata Afrian, penentuan tangga ini berdasarkan beberapa kajian. Diantaranya, tingkat keramaian stasiun, lahan, kenyamanan hingga manfaat stasiun dan lainnya.

“Ada begitu banyak faktor yang dipertimbangkan agar keberadaan stasiun ini benar bermanfaat,” tegasnya (MDN)

Jenis Tangga Disetiap Stasiun

Bandara Travelator
Asrama Haji Ramp dan Lift
TalangBuruk Ramp dan Lift
RSUD Ekskalator dan Ramp
Polda Ramp dan Lift
SMKN2 Ramp dan Lift
Picon Ekskalator dan Lift
Dishub Sumsel Ramp dan Lift
Pasar Cinde Ekskalator, Ramp dan Lift
Ampera Ramp dan Lift
Polresta Ramp dan Lift
Jakaring Travelator
Opi Mall Ramp dan Lift