IST

PALEMBANG, HS – Kekalahan Sriwijaya FC dari Perseru Serui 0-1 di pekan ke-11 Liga 1 berimbas pada persiapan tim saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sabtu (2/6).

Disaat tim dituntut wajib mentang, Laskar Wong Kito justru harus kehilangan empat pilar sekaligus dalam satu laga. Keempat pemain Sriwijaya FC yang dipastikan absen kontra Persela antara lain Syahrian Abimanyu, Teja Paku Alam, Zulfiandi dan Alberto Goncalves.

Keempat pemain ini tidak akan mempekuat Sriwijaya di pekan ke-12 lantaran masih bergabung dengan tim nasional Indonesia. Untuk Abimanyu bahkan sudah melewatkan tiga pertandingan terakhir Sriwijaya FC.

Dia saat ini tengah bergabung dalam pemusatan latihan tim nasional U-19. Sementara tiga pemain lainnya dipanggil Pelatih Luis Milla untuk memperkuat timnas U-23 guna menghadapi Thailand di laga ujicoba, Kamis 31 Mei 2018.

“Siituasi ini tentunya sangat tidak menguntungkan buat tim. Tapi kami tetap mendorong untuk setiap pemain dapat berkontribusi bagi timnas. Karena kepentingan negara jauh lebih penting,” kata Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan.

Tanpa kehadiran Teja Paku Alam, Sriwijaya FC masih memiliki tiga penjaga gawang berkualitas, Sandy Firmansyah, Dikri Yusron dan Rangga Pratama. Namun karena vitalnya peran Teja Paku Alam yang belum pernah absen, akan menyisakan lubang di sektor pertahanan.

Demikian juga dengan Zulfiandi. Absennya gelandang bertahan asal Aceh ini memang dapat diisi Yu Hyun Koo. Hanya saja, tenaga Yu yang telah tergerus usia tidak lagi setangguh Zulfiandi.

Sementara kehilangan Alberto Goncalves dipercaya akan berpengaruh terhadap produktivitas gol Sriwijaya FC. Tanpa kontribusi Beto, Rahmad Darmawan hanya memiliki dua opsi dengan menempatkan Manuchekhr Dzhalilov atau Patrich Wanggai sebagai ujung tombak.

“Di posisi mereka kita punya opsi. Walaupun peran mereka sangat vital, namun saya percaya pemain pengganti bisa memberikan kontribusi maksimal,” jelas Rahmad.