PALEMBANG,HS – Anggota Koramil 418-02/Pakjo Kodim 0418/Palembang dibawah pimpinan Kapten Inf Fariq Abduh bersama-sama dengan masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan saluran air dan anak sungai dari sampah dan semak belukar bertempat di  Jln. Kapten Anwar Arsyad Lorong Family RT. 05 RW. 06 Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang, Minggu (18/2/2018).

Dalam kegiatan yang diikuti sekitar 500 orang dari personel Pemkot Palembang, Koramil 418-02/Pakjo dan Kec. Ilir Barat I serta masyarakat Kel. Siring Agung ini Danramil Pakjo Kapten Inf Fariq Abduh menyampaikan, bahwa kegiatan karya bakti atau gotong royong ini merupakan salah satu tugas TNI dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yaitu membantu kesulitan masyarakat dan Pemerintah Daerah, maka sudah menjadi kewajiban bagi TNI membantu masyarakat dan Pemerintah Daerah. Melalui kegiatan kebersihan lingkungan ini akan membuat para penghuninya menjadi lebih sehat serta menambah suasana kedamaian bersama. “Kegiatan gotong royong ini sebagai bentuk dukungan program gotong royong yang dicanangkan Pemkot Palembang dan Gerakan Nasional Indonesia Bersih. Dan setiap Minggu kami juga selalu ikut berpartisipasi mengikuti program gotong royong dari Pemkot Palembang. Namun untuk kebersihan lingkungan pangkalan sendiri dikhususkan bagi prajurit,” ungkap Danramil.

Lebih lanjut Kapten Inf Fariq Abduh menambahkan bahwa, “Gotong Royong ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pemukiman masyarakat sekitar menjadi bersih, juga untuk mengurangi tempat bersarangnya berbagai jenis nyamuk yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, sehingga masyarakat akan terhindar dari penyakit yang ditimbulkan nyamuk. Selain itu, dengan lingkungan yang bersih dapat menciptakan keindahan lingkungan sehingga masyarakat akan betah dan nyaman untuk tinggal,” terang Kapten Fariq.

Sementara itu, Lurah Siring Agung Sdri. Kuryati, S.Sos., M.Si. mengaku sangat terbantu kehadiran prajurit dari Koramil 418-02/Pakjo yang ikut membersihkan lingkungan.

di Kelurahan Siring Agung, dimana wilayah Kelurahan Siring Agung terdapat banyak aliran sungai, bila tidak selalu dibersihkan akan menimbulkan luapan air sungai yang mengakibatkan banjir, apalagi dimusim hujan seperti ini. “Di wilayah Kelurahan Siring Agung banyak terdapat aliran sungai, bila tidak dibersihkan dapat mengakibatkan banjir, termasuk di lokasi yang sedang dibersihkan jajaran Koramil 418-02/Pakjo ini. Oleh sebab itulah, kami sangat berterima kasih dengan inisiatif Danramil Pakjo yang sudah ikut membantu membersihkan lingkungan kami,” ucap Lurah Siring Agung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Walikota Palembang Ir. Ahmad Najib yang didampingi para Kepala Dinas Setda Pemkot Palembang, Anggota DPRD Kota Palembang Sdr. Hidayat Komsu, Danramil 418-02/Pakjo Kapten Inf Fariq Abduh, Camat Ilir Barat 1 Palembang Drs. Asnawi, S.Sos., Lurah Siring Agung Sdri. Kuryati S.Sos., M.Si.