LAHAT,HS – Di era modern saat ini, masih saja ada masyarakat yang membuang tinja ke sungai ataupun di tempat lain seperti di pinggiran rel kereta api seperti yang terjadi di Desa UlakEmas Kec. Lahat, Kab. Lahat. Melihat hal itu, Kodim 0405/Lahat melalui Koramil 405-12/Lahat pun prihatin hingga melakukan kerja sama dengan Puskesmas setempat, untuk secara bersama-sama membangun jamban sebagai sanitasi bagi masyarakat, Rabu (28/2/2018).

Guna merealisasikan penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat ini, Danramil 405-12/Lahat Kapten Arh Mardin, S.E. dan Kepala UPT Puskesmas Senabing Ibu Ratna T. Am.Keb dibantu 5 orang anggota dari Koramil 405-12/Lahat dan 4 petugas dari Puskesmas, melakukan pembuatan jamban untuk warga setempat.

Danramil 405-12/Lahat Kapten Arh Mardin, S.E. mengatakan, bahwa ada 16 unit jamban yang akan dibuat. Penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) ini, guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Selain penyediaan jamban, juga dilakukan kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan. ‘’Untuk itu kami juga sangat mendukung kerjasama Puskesmas untuk program 1000 jamban di wilayah Lahat nantinya. Insya Allah berjalan lancar, diharapkan seluruh Puskesmas yang ada, bisa seperti UPT Senabing, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak punya jamban dan buang tinja sembarangan,’’ tandasnya.

Menanggapi penyediaan jamban yang dibangun oleh Koramil 405-12/Lahat bekerjasama dengan UPT Puskesmas Senabing, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sungai maupun ditempat lain. “Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami dan keluarga tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata Bapak Maman dengan mata berbinar, salah seorang yang dirumahnya sedang dibangun jamban.