PALEMBANG,HS – Komando Resort Militer (Korem) 044/Gapo menggelar upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 tahun 2018 yang jatuh tepat pada hari ini Sabtu (22/12/2018), bertempat di lapangan apel Markas Korem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Korem (Kasrem) 044/Gapo Letkol Inf Mohammad Sjahroni, S.E.
Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 kali ini yang mengambil tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa” diikuti oleh seluruh personel militer maupun PNS Makorem 044/Gapo dan Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 044 PD II/Sriwijaya.
Peringatan Hari Ibu (PHI), pada dasarnya untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, selain itu juga mengingatkan kepada semua pihak untuk tetap memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi peran dan kiprah perempuan dalam berbagai sektor kehidupan.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembesi, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasrem 044/Gapo letkol Inf Muhammad Sjahroni, S.E. mengatakan, bahwa PHI diharapkan dapat mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan berbagai sektor pembangunan.
“PHI diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan”, harap Menteri Yohana Yembesi.
Lebih lanjut, Menteri Yohana Yembesi juga menyampaikan, bahwa dengan PHI ini dapat memberikan keyakinan yang besar, bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segalapotensi dan kemampuan yang dimilikinya. Saat ini bahkan terbukti perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara,mampu menjadimotor penggerak dan motor perubahan(agent of change).
“Perempuan lndonesia masa kini adalah Perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggungjawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perempuan dan laki-laki keduanya adalah “partnership” sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional”, tegas Menteri.
Di akhir amanatnya, Menteri Yohana Yembesi turut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada 6 (enam) pimpinan organisasi perempuan yaitu OASE, KOWANI, TP PKK Pusat, Dharma Pertiwi, Dharma Wanita, Bhayangkari dan mitra kerja lainnya yang selalu bersama-sama terlibat dalam penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu. “Saya berharap melalui Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan”, pungkasnya.