PALEMBANG,HS – Ada sekitar 4.588 orang yang telah mendaftar CPNS 2018 di kota Palembang hingga pukul 10.24, untuk posisi kedua ditempati oleh kabupaten Banyuasin dengan 4.064 pelamar,  disusul Musi Rawas Utara 3.906 peserta, Pali 3.174 dan Muara Enim 2.938 peserta.
Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang,  Ir Agus Sutiadi mengatakan jumlah pelamar saat ini memang didominasi peserta untuk mengikuti tes di kabupaten yang notabanenya berada di lokasi cukup jauh dari ibu kota.
Sementara rekapitulasi pendaftaran CPNS di Sumsel jumlah akun sebagai tahapan awal sebanyak 59.590  orang jumlah proses peserta melengkapi data profilnya 38. 896 orang jumlah pendaftar yang telah terverifikasi instansi 13.973 dan peserta sudah menyelesaikan pendaftaran 18.334 orang.
“Ini yang menarik, daerah jauh ternyata cukup besar dibandingkan untuk formasi di Sumsel,” ujarnya
Menurutnya,  tingginya antusias peserta untuk mengikuti tes di daerah dikarenakan para pelamar saat ini yang merupakan generasi milenial mereka sudah cerdas melihat peluang untuk lulus dibandingkan di wilayah formasinya sedikit tetapi dekat dengan ibukota.
“Para generasi milenial sekarang cerdas,  jadi mereka lihat peluang lulusnya besar. Jadi mereka banyak numpuk di daerah,” jelasnya.
Ia menjelaskan, para pelamar saat ini tak lagi kesulitan untuk mengakses situs resmi bkn. Sebab,  slot internet atau  tingkat transfer data maksimum Bandwith sudah ditingkatkan.
Dimana pada pembukaan awal slot yang dibuka hanya disediakan slot untuk satu juta pelamar dan sekarang sudah diperbarui dengan akses 4 juta slot permenit dengan bandwith 4 giga permenit.
Diakuinya, pada awal pembukaan awal memang situs BKN sangat berat sebab lansung diserbu oleh pelamar, sementara slot yang disediakan terbatas untuk para peserta.
“Ada juga orang yang hanya lihat-lihat saja sehingga memberatkan situs.  Untuk yang lihat saja sudah kita sediakan kanal sendiri, slot untuk pendaftar juga sudah ditambah,” jelasnya.
Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg vii BKN Sumsel, M. Andri Hafif menambahkan pihaknya sering menerima keluhan peserta yang mengaku kesulitan mendaftar karena identitas seperti KK dan NIK tak valid sehingga ketika mendaftar sering gagal.
“Masyarakat umum banyak keluhan NIK,  KK mereka ternyata tidak sesuai data dukcapil melapor ke kita,” jelasnya.
Ia menyarankan,  apabila ada permasalahan di dukcapil para peserta bisa datang langsung ke dukcapil setempat untuk menjelaskan permasalahan mereka melamar CPNS.
Apabila data peserta tidak valid disdukcapil sudah disediakan help desk dan aplikasi SIAP. Setelah dilaporkan ke pihak terkait maka database si pelamar akan disinkronisasi 2x 24 jam.
“Jika NIK baru tak bisa peserta bisa coba NIK lama untuk melamar,  karena sering terkendali di databese,” tutupnya
Sepuluh besar jumlah Pelamar CPNS 2018, Selasa (9/10/2018)
Kota                         Peserta
Palembang              4.588 orang
Banyuasin               4.064 orang
Musi Rawa Utara    3.906 orang
 Pali                          3.174 orang
Muara Enim            2.938 orang
OKUT                       2.713 orang
Empat Lawang       2.679 orang
OKU                         2.661 orang
Prabumulih             1.960 orang
Mura                        1.623 orang