PALEMBANG,HS – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Selatan menggelar acara media gathering, dengan tema Peran Serta Lembaga Penyiaran dalam Pembangunan daerah di Ballroom Hotel The Excelton, Rabu (2/5/2018).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan, Inanda Karina Astari Fatma, lalu ada juga Anggota Komisi I DPR RI, Biem Benjamin S.

Plt Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan mengatakan, Kominfo mempunyai peran dalam mengawasi proses penyiaran bersama dengan KPID. Untuk itu butuh kerjasama antara KPID dan Kominfo.

Harapanya media elektronik ini bisa menghadirkan hiburan yang sehat, tentang pendidikan dan memberikan info yang aktual dan bermutu. Namun ada juga informasi yang masih kurang seperti informasi tentang pembangunan yang masih belum banyak disiarkan di daerah. Nah ini suatu kewajiban dari lembaga penyiaran yang wajib menyiarkan informasi lokal.

“Kita mengharapkan peran serta kontribusi nyata dari semua media penyiaran bersifat lokal. Memang ada aturanya porsi lokal itu 10 persen. Nah dari 10 persen ini 30 persenya penayangan konten lokal tersebut harus ditayangkan diwaktu prime time,” ujarnya

Ia mengatakan, media elektronik ini trennya masih bagus dan diminati masyarakat, selain juga ada Media Sosial dan Online. Info-info dari media elektronik tentunya kebanyakan info yang benar jika dibandingkan media sosial.

Sementara itu Anggota DPR RI Biem Benjamin menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah KPID Sumsel karena dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Menurutnya dari 34 Provinsi KPID yang akitf hanya 20 Provinsi ya termasuk Sumsel ini.

Di sini peran KPID harus menjamin berita yang diperoleh masyarakat benar-benar berisikan berita yang layak. Kendati demikian peran semua pihak memang dirasa perlu untuk mewujudkan Kondisi yang lebih baik