PALEMBANG,HS – Pasca telah dilakukannya rekapitulasi Pileg DPRD Palembang dari Kecamatan SU 2 dan Plaju di KPU Kota Palembang, Jumat (3/5/2019), sudah terlihat peringkat perolehan suaranya yang berpeluang menduduki kursi periode 2019-2024 dari Dapil 5.

Dari rekapitulasi Caleg PDIP H Eddy Saad MM total mengantongi 6.482 suara, Caleg PKB H Firmansyah Hadi SH total 6.096 suara, Caleg Partai Demokrat Chairudin Pelita Maret total 5.687 suara, Gerindra M Akbar Alfaro SE total 3.719 suara, Caleg PKS Idrus Ropik SAg MA dengan total 2.905 suara, Caleg PAN Dauli ST dengan total perolehan 2.439 suara.

Menanggapi telah selesainya rekapitulasi dua kecamatan Dapil 5, Ketua KPU Kota Palembang H Eftiyani SH melalui Komisioner KPU Palembang Divisi Hukum dan Pengawasan A Malik Syafei MH menyatakan KPU Palembang tidak dalam kapasitasnya menetapkan siapa yang berhak duduk di kursi DPRD Kota Palembang 2019-2024.

Menurut Malik, maksimal tanggal 7 Mei 2019 tahapan rekapitulasi Pemilu di KPU Kota Palembang selesai.

“Setelah semua Kecamatan selesai akan disampaikan ke KPU Provinsi. yang dikeluarkan nanti penetapan hasil pemilu berupa perolehan suara. Nanti KPU RI lah yang nenetapkan secara nasional berdasarkan SK dan BA. 514 Kabupaten Kota 34 Provinsi,” kata Malik.

Dijelaskannya, produk hukum yang akan menjadi objek sengketa adalah SK KPU RI tentang penetapan hasil pemilu secara nasional.

Kegiatan penetapan kursi setelah proses sengketa pemilu di MK tuntas. Sementara penetapan calon terpilih dilakukan setelah penetapan kursi.

“Kegiatan rekapitulasi KPU Kota Palembang menghasilkan dua produk hukum BA Rekap (Form DB), dan SK KPU Kota Palembang hasil perolehan suara SK tersebut berdasarkan form DB tadi,” tutupnya